[SALAH] Paus Fransiskus Datang ke Indonesia dan Sarankan Gereja Katolik Berkati Pasangan Sesama Jenis

Periksa Fakta Lilik
Faktanya, berita tersebut tayang pada tanggal 07 Oktober 2023 dan pernyataan tersebut dinyatakan di gereja Vatikan. Tidak ada bukti yang membenarkan bahwa saat berkunjung ke Indonesia Paus Fransiskus memberikan saran pada gereja untuk memberkati pasangan sejenis.

=====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: X/Twitter
https://ghostarchive.org/archive/950Tg

=====

[NARASI]
Jadi ini maksud tujuannya datang ke endonesa??? Apakabar kaum Mayo di negara tersabar ini menghadapi permintaan kaum Mino yang kesannya kok makin kurang asem ya

=====

[PENJELASAN]
Sebuah akun X/Twitter mengunggah sebuah tangkapan layar dari berita Sindonews dengan judul “Paus Fransiskus Sarankan Gereja Katolik Berkati Pasangan Sesama Jenis Walau Pernikahan Tak Diakui”. Pada unggahan tersebut nataror memberikan deskripsi bahwa maksud dan tujuan kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia adalah untuk memberikan saran tersebut.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya berita tersebut adalah berita yang tayang pada 07 Oktober 2023. Sementara kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia adalah pada tanggal 3 hingga 6 September dan hingga saat ini tidak ada bukti yang membenarkan bahwa Paus Fransiskus memberikan saran tersebut saat berkunjung ke Indonesia. Dalam berita tersebut juga dijelaskan bahwa saran tersebut disampaikan di gereja Vatikan bukan di Indonesia.
Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa unggahan tersebut adalah konten yang menyesatkan.
=====

Referensi:
https://international.sindonews.com/read/1219527/41/paus-fransiskus-sarankan-gereja-katolik-bisa-berkati-pasangan-sesama-jenis-1696619440