[SALAH] Ustadz Abdul Somad kepada Kementerian Agama: “Anda ini Menteri Agama nya Umat Islam atau Menag Vatikan?”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Suara yang mengkritik Kemenag RI tersebut adalah suara Ustadz Alfian Tanjung, bukan Ustadz Abdul Somad.

===== 

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

===== 

Sumber: Twitter
https://archive.ph/NEEdL

===== 

Narasi:
“Ustadz
@Ust_AbdulSomad kpd @Kemenag_RI :
” Anda ini Mentri Agama nya umat Islam atau Menag nya Vaksi Vatikan,mestinya mereka yg menyesuaikan dgn kita yg lebih 90% muslim,kok datang ke rumah orang  tuan rumah yg di atur² !!.”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @21_mozza mengunggah video yang berisi rekaman suara seorang pria mengatakan “Anda ini menteri agama nya umat Islam atau menteri agamanya vaksi Vatikan? Mestinya mereka yang menyesuaikan dengan kita yang 90% Muslim, kok datang ke rumah orang pasukan rumah yang diatur-atur, ini berarti menteri agama ini perlu diduga dia adalah bagian dari misi kedatangan Paus itu”. Pengguna Twitter itu kemudian menambahkan narasi bahwa itu dikatakan oleh Ustadz Abdul Somad kepada Kemenag RI, diikuti dengan menyebut username Twitter dari kedua pihak tersebut. Video itu telah mendapatkan seribu likes dan juga telah dilihat lebih dari 91,000 kali. 

Setelah audio tersebut ditelusuri, ditemukan sumber suara asli dan versi lengkapnya di YouTube pribadi Ustadz Alfian Tanjung. Di videonya yang berjudul “YAQUT MINTA AZAN DITIADAKAN SAAT MISA. PAUS TAK HORMATI ISLAM ? LANGKAH KRISTENISASI SEMAKIN TSM ?” pada menit ke 4:14 sampai 4:44 terdengar Ustadz Alfian Tanjung menyatakan pendapatnya dan itu sama persis seperti audio yang diunggah oleh @21_mozza.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Twitter @21_mozza termasuk dalam konteks yang salah.

=====  

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=M2QHwEkHw48