[SALAH] “Ternyata di Eropa, Paus Fransiskus Tunduk kepada Keluarga Besar Rothschild”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Orang-orang yang dicium tangannya oleh Paus di video itu adalah penyintas tragedi Holocaust, bukan anggota keluarga Rothschild.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/ns0Wm

=====

Narasi:
“Ternyata di Eropa, paus pranciskus itu tunduk kepada keluarga besar rothschild, 9 naganya Eropa, yang mayoritas keturunan yahudi, smntara di negeri konoha, paus pranciskus dicium tangan dan bahkan keningnya oleh manusia-manusia munafikun”.

“NO COMMENT !!! THE POPE KISSING THE ROTHCHILDS HAND”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @Andria75777 mengunggah video yang menunjukkan Paus Fransiskus mencium tangan beberapa orang yang memakai kippah (simbol topi Yahudi). Pada video itu juga ada keterangan Paus mencium tangan keluarga Rothschild. @Andria75777 kemudian menambahkan bahwa di Eropa, Paus Fransiskus memang tunduk pada keluarga Rothschild. Pengguna Twitter itu juga menyayangkan karena di Indonesia, justru warga Indonesia yang mencium tangan bahkan mencium kening Paus Fransiskus. Cuitan dan video itu telah disukai oleh 803 orang dan dilihat lebih dari 60,000 kali.

Setelah video itu ditelusuri dengan InVid, ditemukan versi video asli dan lengkap di kanal YouTube CNN. Video itu telah ada sejak delapan tahun yang lalu, dan merekam Paus Fransiskus yang memberikan penghormatan kepada penyintas tragedi Holocaust di Yad Vashem Holocaust Museum. Video itu berjudul “POPE:KISSES HOLOCAUST SURVIVORS”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @Andria75777 adalah konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=EPUhs84w1v4