[SALAH] Hezbullah Berhasil Menghancurkan 100 Lokasi Palestina yang Diduduki Israel

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada laporan resmi dan bukti valid mengenai 100 daerah Palestina yang diduduki Israel dihancurkan Hezbullah.

===== 

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

===== 

Sumber: Twitter
https://archive.ph/7VQea

===== 

Narasi:
“DIHAJAR TANPA AMPUN

MENYALA LIBANON

100 LOKASI DI #PALESTINA YANG DIKUASAI MILITER ISRAEL ZIONIST DI HANCURKAN OLEH PEJUANG HIZBULLAH LIBANON !!!

TANDA² KEHANCURAN ISRAEL SEMAKIN DEKAT ,DOA YG TERBAIK UNTUK PARA PEJUANG MUSLIM DAN KEBEBASAN PALESTINA”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @21_mozza mengunggah video yang berisi informasi 100 lokasi di Palestina yang dikuasai militer Israel telah berhasil dihancurkan Hezbullah. @21_mozza juga menambahkan bahwa peristiwa ini menandakan kehancuran Israel sudah semakin dekat dan Israel telah dihajar tanpa ampun. Cuitan dan video yang diunggah pada 9 September tersebut telah disukai 2,700 orang dan dilihat 50,000 kali.

Setelah melakukan penelusuran mengenai serangan Hezbullah ke Israel serta wilayah Palestina yang telah diduduki Israel, tidak ada berita resmi atau sumber valid mengenai 100 wilayah yang berhasil dihancurkan Hezbullah. Melansir dari hasil analisis Foundation for Defense of Democracies, serangan Hezbullah terakhir dilakukan dengan cara meluncurkan lebih 100 roket dalam sehari pada 4 September lalu, bukan menghancurkan 100 tempat. 

Lebih lanjut, sebelum serangan terakhir Hezbullah 4 September lalu, Hezbullah dan pasukan Israel memang telah saling menyerang satu sama lain sejak 7 Oktober 2023. Melansir dari artikel Al-Jazeera, beberapa area yang berhasil diserang Hezbollah yaitu Kiryat Shmona, Margaliyot, Shetula, Shebaa Farms, Aramsha. Semua itu terletak di Israel bagian Utara. Beberapa tempat lain terdiri dari basis militer IDF baik di Israel maupun daerah Palestina yang diduduki Israel. Namun, tidak ditemukan laporan resmi mengenai daftar 100 tempat di Palestina yang diduduki Israel yang telah berhasil dihancurkan Hezbollah. 

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Twitter @1_mozza merupakan konten yang menyesatkan.

=====  

Referensi:
https://www.fdd.org/analysis/2024/09/04/hezbollah-escalates-attacks-with-over-100-rockets-fired-in-a-day/


https://www.aljazeera.com/news/2024/8/25/what-you-need-to-know-about-attacks-between-israel-and-hezbollah


https://www.aljazeera.com/news/longform/2024/4/15/mapping-israel-lebanon-cross-border-attacks