[SALAH] “Gibran nyabu sama bandar tapi disembunyikan #BatalkanGibranDilantik”

MENYESATKAN, TIDAK berkaitan dengan Gibran dan BUKAN rekaman video peristiwa saat ini (2024). FAKTA: selain karena di waktu dan tempat yang dituduhkan Gibran sedang berada di KPU Jawa Tengah di Semarang, BUKAN di PIK (Pantai Indah Kapuk) di Jakarta, video yang disebarkan identik dengan yang sudah pernah dibagikan sebelumnya pada TAHUN 2018 LALU oleh kanal “Gilang RS Channel” di YouTube.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, https://archive.ph/puAuP (arsip cadangan).

NARASI: “Kalau saya @gibran_tweet saya akan marah. Lagi high kok diganggu.
Caption video:
“Gibran nyabu sama bandar tapi Gibran disembunyikan sehingga wartawan tidak bisa mengambil gambar Gibran”
#BatalkanGibranDilantik
#BatalkanGibranDilantik”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan video dengan menambahkan klaim yang TIDAK sesuai dengan fakta yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Gibran dan BUKAN rekaman video peristiwa saat ini (2024).

Selain karena di waktu dan tempat yang dituduhkan Gibran sedang berada di KPU Jawa Tengah di Semarang, BUKAN di PIK (Pantai Indah Kapuk) di Jakarta, video yang disebarkan identik dengan yang sudah pernah dibagikan sebelumnya pada TAHUN 2018 LALU oleh kanal “Gilang RS Channel” di YouTube.

Verifikasi Klaim dan Video

Berkaitan dengan tuduhan Gibran tertangkap mengonsumsi Narkoba di PIK (Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dan Jakarta Barat), merdeka.com pada 30 Agu 2024: “… Pada tanggal 28 Agustus 2024, Gibran terlihat mendampingi pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maemoen mendaftar ke KPU Jawa Tengah, Rabu (28/8). …” [2]

Salah satu sumber video yang identik dengan yang disebarkan oleh SUMBER, Gilang RS Channel di YouTube pada 19 Mar 2018: “Virall ..detik detik penangkapan pelaku narkoba sebayak 62 orang di PIK pantai indah kpuk” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Salah satu sumber lain yang berkaitan dengan keberadaan Gibran, detikJateng pada 28 Agu 2024: “Semarang – Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi dan Tak Yasin Maimoen atau Gus Yasin mendaftar Pilgub Jateng 2024 ke KPU Jawa Tengah pagi ini. Mereka didampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka dan mantan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo. …” [4]

REFERENSI

[1] https://firstdraftnews-org.translate.goog/long-form-article/understanding-information-disorder/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en-US&_x_tr_pto=nui / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-gibran-rakabuming-tertangkap-pakai-narkoba-di-pik-188943-mvk.html / https://archive.ph/fouFa (arsip cadangan).

[3] https://youtu.be/fFXhDj85Ci4?t=4 / https://archive.ph/OGJL1 (arsip cadangan).

[4] https://www.detik.com/jateng/pilkada/d-7512247/ahmad-luthfi-gus-yasin-daftar-ke-kpu-jateng-didampingi-gibran / https://archive.ph/sWjSR (arsip cadangan).