[SALAH] Bogor Diterjang Angin Kencang Hingga Rumah, Mobil & Kaca Mall Semua Pecah

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan Bogor diterjang angin kencang hingga rumah, mobil dan kaca mall semua pecah adalah tidak benar. Faktanya angin kencang dan hujan deras yang mengguyur Kota Bogor hanya membuat papan reklame sebuah toko di Jalan Suryakencana, Bogor Tengah rubuh.

===========

[KATEGORI]: Konten Palsu

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/d8eqCQ7tCIc  (arsip)

===========

[NARASI]: “BOGOR BABAK BELUR!! RUMAH & MOBIL DINAS, KACA MALL SEMUA PECAH, ANGIN KENCANG BOGOR HARI INI”

===========

[PENJELASAN]:
Pada 2 September 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul Bogor babak belur, rumah & mobil dinas, kaca mall semua pecah diterjang angin kencang.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian Google ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Radar Bogor yang berjudul Angin Kencang dan Hujan Deras Guyur Bogor, Papan Reklame Toko di Suryakencana Ambruk”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa angin puting sebabkan rumah, mobil dan kaca mall pecah.

Dilansir dari Radar Bogor, angin kencang dan hujan deras yang mengguyur Kota Bogor membuat papan reklame sebuah toko di Jalan Suryakencana, Bogor Tengah rubuh. Meskipun tidak ada korban luka maupun jiwa akibat kejadian tersebut, peristiwa ini menyebabkan Jalan Suryakencana lumpuh total, karena sebagian besar ruas jalan tertutup oleh reklame yang runtuh.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan rumah, mobil dan kaca mall di bogor pecah akibat diterjang angin kencang adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
https://radarbogor.jawapos.com/bogor/2475045734/angin-kencang-dan-hujan-deras-guyur-bogor-papan-reklame-toko-di-suryakencanaambruk