[SALAH] “Sudah Ada 1 Pasien Monkeypox di RS Siloam Kota Ambon”

Kadis Kesehatan Kota Ambon, dr. Wendy Pelupessy membantah isu adanya pasien Monkeypox atau cacar monyet yang sementara dirawat di Rumah Sakit Siloam Ambon. Direktur Siloam Hospitals Ambon, dr. Paulus Triaji Hadiwijaya, juga menegaskan kabar tersebut tidak benar.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Beredar sebuah foto di aplikasi percakapan Whatsapp dengan narasi sebagai berikut: “Kk icha,, Info untuk smua basudara hati2 jaga kbersihan diri.. karna ini pasien di siloam.. kasusnya sdh ada 1 di kota ambon.. Tuhan Yesus Jaga ktg smua”

Sumber: Whatsapp (Arsip: https://bit.ly/3Tq0d0V)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Relawan Mafindo Ambon, adanya foto yang disertai klaim bahwa sudah ada satu pasien kasus Monkeypox yang dirawat di Rumah Sakit Siloam, Kota Ambon merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr. Wendy Pelupessy membantah isu adanya pasien Monkeypox atau cacar monyet yang sementara dirawat di Rumah Sakit Siloam Ambon. Direktur Siloam Hospitals Ambon, dr. Paulus Triaji Hadiwijaya, juga menegaskan kabar tersebut tidak benar.

“Itu hanya isu liar yang tidak bersumber. Kami sudah konfirmasi ke pihak Siloam dan tidak ada. Jadi informasi itu hoax,” kata dr. Wendy ketika dikonfirmasi oleh RRI via seluler, Selasa (10/09/2024).

Menurutnya, memang ada salah satu warga asal Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dengan keluhan penyakit kulit mendatangi RS Siloam untuk kepentingan pemeriksaan kesehatan. RS Siloam kemudian meminta untuk orang yang bersangkutan diambil spesimen oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL) agar dikirim ke laboraturium untuk proses lebih lanjut. Namun, ketika akan diperiksa, orang tersebut sudah berangkat ke Jakarta. Makanya, tidak benar perihal informasi tersebut.

Selain itu, Direktur Siloam Hospitals Ambon, dr. Paulus Triaji Hadiwijaya, kepada TribunAmbon.com menegaskan kabar tersebut tidak benar.

“Jadi, kabar bahwa ada pasien monkeypox di Siloam itu tidak benar,” ujar dr. Paulus, di ruang kerjanya, Selasa (10/9/2024). Ia menjelaskan dari berbagai detail fisik yang terlihat dalam gambar yang tersebar bukanlah bagian dari fasilitas Siloam Hospitals Ambon.

“Saya sudah melihat isu yang beredar di WA grup, mungkin dari teman atau saudara. Penyebaran itu bukan di Siloam. Jika dilihat dari tempat tidur dan gorden yang ada di gambar, itu bukan milik Siloam. Kami juga tidak tahu siapa pasien dalam foto tersebut, dan gorden putih yang terlihat itu juga bukan standar Siloam Group,” tambahnya.

REFERENSI
https://ambon.go.id/heboh-pasien-monkeypox-di-ambon-kadis-kesehatan-berita-hoax/
https://www.rri.co.id/daerah/965856/wendy-informasi-pasien-monkeypox-di-ambon-hoax
https://ambon.tribunnews.com/2024/09/10/viral-pasien-monkeypox-di-siloam-hospital-ambon-dirut-hoaks

About Adi Syafitrah 1644 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo