[SALAH] Seorang Pria Mengamuk di Showroom karena Tidak Bisa Kredit Motor

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Pria yang ada di video itu mengamuk di showroom kakaknya setelah sengketa properti dan itu terjadi di Uttar Pradesh, India.

===== 

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

===== 

Sumber: Twitter
https://archive.ph/maHGd

===== 

Narasi:
“Sebuah video dgn caption DP kurang tdk di ijinkan kridit motor
Pria ini ngamuk2 hancurkan semua motor yg ada di showroom
Viral di media sosial.
Belum di ketahui lokasinya”.

“Akibat tidak diizinkan kredit motor, karena DP nya kurang, pria ini ngamuk dan menghancurkan semua motor yang ada di showroom”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @neVerAl0nely mengunggah video yang menunjukkan seorang pria sedang mengahncurkan motor-motor yang ada di showroom. Video itu dilengkapi dengan keterangan bahwa pria itu mengamuk akibat tidak diizinkan kredit motor karena tidak mampu membayar DP. Cuitan dan video yang diunggah pada 9 September tersebut telah disukai 994 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 900 kali, serta telah dilihat lebih dari 250,000 kali. 

Setelah video tersebut ditelusuri, sudah banyak video yang sama persis beredar di internet, baik di media sosial maupun kanal berita. Salah satunya oleh media News Lions di artikelnya yang berjudul “Man vandalizes brother’s showroom over property dispute in northern India” yang ditulis pada 8 Agustus 2024. 

Selain itu, video sama persis juga telah diunggah di Facebook oleh media berita Times Now, dengan keterangan yang sama seperti yang ditulis News Lions. Melansir dari informasi yang ada di kolom keterangan video, kejadian itu terjadi di Kota Sarsawa, Uttar Pradesh, India. Berita itu juga diunggah pada 8 Agustus 2024. 

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @neVerAl0nely adalah konten yang menyesatkan. 

=====  

Referensi:
https://www.newslions.com/man-vandalizes-brothers-showroom-over-property-dispute-in-northern-india/


https://www.facebook.com/watch/?v=1683637669038056