[SALAH] PRABOWO USUT HUTANG ILEGAL

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video juga tidak ditemukan pemberitaan terkait Prabowo usut hutang ilegal.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1725536251.774364/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
ADA FIR’AUN JAWA ,HINGGA PRABOWO HRS USUT HUTANG ILEGAL ? ‪@garispolitik1320‬

MENGEJUTKAN..!
YG INI MAH FIR’AUN JAWA
PRABOWO USUT HUTANG NEGARA ILEGAL..!

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Garis Politik bernarasikan presiden terpilih Prabowo Subianto usut hutang ilegal. Video ini tayang pada 4 September 2024.

Setelah ditelusuri, gambar thumbnail yang ditampilkan dalam video merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar berbeda. Gambar yang menampilkan massa sedang berunjuk rasa tersebut merupakan momen ketika sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berunjuk rasa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa, 24 September 2019 silam.

Gambar aslinya dimuat dalam situs antaranews.com dengan judul “Aksi mahasiswa di depan gedung DPR”.

Dalam video terdapat narasi yang membahas tentang Habib Rizieq Shihab yang ikut menyoroti ucapan Ketum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia yang menyinggung soal Raja Jawa. Narasi itu bersumber dari artikel suara.com berjudul “Sindir Raja Jawa yang Disebut Bahlil, Rizieq Shihab Puji Sultan Yogyakarta: Anaknya Naik Becak, Gak Naik Jet Pribadi”.

Selain itu terdapat juga narasi yang membahas tentang Indonesia yang mengulang kembali sejarah kelam Orde Baru yang lekat dengan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di bawah kekuasaan Presiden Jokowi. Narasi ini berasal dari artikel ti.or.id yang berjudul “Beyond Soeharto: Rusaknya Konstitusi, Demokrasi dan Ambruknya Pemberantasan Korupsi di Rezim Joko Widodo”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Prabowo usut hutang ilegal tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.antaranews.com/foto/1078446/aksi-mahasiswa-di-depan-gedung-dpr

https://www.suara.com/news/2024/09/03/195239/sindir-raja-jawa-yang-disebut-bahlil-rizieq-shihab-puji-sultan-yogyakarta-anaknya-naik-becak-gak-naik-jet-pribadi