[SALAH] Panitia PON Aceh Memaksa Atlit Muaythai untuk Memakai Hijab Sebelum Pertandingan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video itu menunjukkan panitia PON Aceh yang meminta atlit Muaythai untuk menggunakan pelindung kepala, bukan hijab.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/9FdFb

=====

Narasi:
“-A Thread-
Panitia PON Aceh Tidak Profesional

Agnes Sirait, atlit Muaythai asal Sumut kecewa berat karena sebelum pertandingan disuruh panitia mencari jilbab sebelum pertandingan. Agnes dan pelatih harus mencari jilbab agar bisa bertanding”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @SammiSoh mengunggah video pertandingan seorang atlit muaythai yang ditahan wasit ketika hendak memasuki ring pertandingan. Atlit wanita tersebut kemudian masuk ke ring dan mengenakan penutup kepala putih. Video itu diklaim oleh @SammiSoh sebagai atlit muaythai Sumatra Utara, Agnes Sirait, yang diperintahkan panitia PON Aceh untuk mencari dan memakai hijab dahulu sebelum pertandingan. @SammiSoh juga menulis bahwa ini merupakan bukti panitia PON Aceh yang tidak profesional. Video itu telah mendapat likes dari 1,100 orang dan dilihat hampir 400,000 kali.

Dalam video yang diunggah oleh @SammiSoh, terlihat bahwa kain penutup kepala putih yang dikenakan atlit (menit ke 0:01 – 1:11) merupakan penutup kepala sebelum menggunakan head guard (pelindung kepala). Penggunaan pelindung kepala ini sudah menjadi salah satu alat yang wajib dikenakan di olahraga martial arts baik di Indonesia maupun internasional.

Selain itu, Tempo telah membahas isu ini di artikelnya yang berjudul “Panitia Penyelenggara Pertandingan Muaythai PON 2024 Bantah Ada Diskriminasi Atlet Putri Wajib Pakai Hijab” pada 7 September lalu. Melansir dari artikel ini, ketua panitia penyelenggara cabang olahraga muaythai di PON 2024, Dahlan Jamaluddin, telah membantah adanya diskriminasi kewajiban memakai hijab untuk atlit putri yang bertanding.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @SammiSoh merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://blog.awma.com/head-guards-in-martial-arts-an-introduction/


https://sport.tempo.co/read/1913570/panitia-penyelenggara-pertandingan-muaythai-pon-2024-bantah-ada-diskriminasi-atlet-putri-wajib-pakai-hijab