[SALAH] Materai Tempel untuk Pendaftaran CPNS Harus Ditulis Tanggal 5 September Untuk Menghindari TMS

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Penulisan tanggal baik di materai tempel maupun e-materai dalam proses pendaftaran CPNS 2024 merujuk pada masing-masing pengumuman instansi, tidak ada ketentuan tanggal tertentu yang menyebabkan TMS (Tidak Memenuhi Syarat).

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/WSjVB

=====

Narasi:
“boleh, tapi tanggalnya yg pake materai tempel harus tgl 5 ya nder, karena berlakunya mulai tgl 5 september 20.00, kalo enggak, katanya bisa TMS”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @stolenurhickeys menulis cuitan mengenai pemakaian materai tempel untuk pendaftaran CPNS 2024 yang harus tertulis tanggal 5 September karena materai tempel baru berlaku mulai 5 September pukul 20.00. Pengguna Twitter itu menambahkan jika tidak mengikuti aturan tersebut, dikhawatirkan akan TMS (Tidak Memenuhi Syarat”. Cuitan tersebut ditulis pada 7 September 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. BKN (Badan Kepegawaian Negara) telah mengklarifikasi sendiri perihal informasi ini melalui Instagram resminya, @bkngoidofficial. Pada klarifikasi itu dijelaskan bahwa Penulisan tanggal di materai atau e-meterai merujuk pada PENGUMUMAN INSTANSI. BKN juga menyarankan untuk selalu memeriksa ulang validitas informasi terkait seleksi CPNS 2024 hanya di akun resmi BKN dan instansi.

Dengan demikian, informasi yang ditulis @stolenurhickeys merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.instagram.com/p/C_neknbT9KO/