[SALAH] KAESANG RESMI JADI DPO

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi kredibel terkait Kaesang resmi jadi DPO. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1725532405.153868/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
KAESANG RESMI DPO ?, DILAPORKAN HILANG KE BARESKRIM .‪@garispolitik1320‬

MENGEJUTKAN..!
KAESANG RESMI DPO??
HILANG & DILAPORKAN KE BARESKRIM

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan hilang dan dilaporkan ke Bareskrim, Kaesang Pangarep resmi masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) beredar dari channel youtube bernama Garis Politik pada 4 September 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, gambar thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar berbeda. Beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Gambar seorang polisi sedang memegang ponsel dalam thumbnail itu mirip dengan gambar yang dimuat dalam artikel tribratanews.com yang berjudul “Bagi Pelamar Kerja, Waspada Modus Penipuan Giveaway Berujung Pinjol”.

Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel dari cnnindonesia.com berjudul “Aktivis 98 Adukan Kaesang Hilang ke Polisi”. Artikel ini membahas tetang sejumlah eksponen aktivis 98 membuat aduan soal hilangnya Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep ke Polda Metro Jaya, Rabu, 4 September 2024.

Daftar Pencarian Orang (DPO) sendiri merupakan sebuah istilah di bidang hukum atau kriminalitas yang merujuk kepada daftar orang-orang yang dicari atau yang menjadi target oleh pihak aparat kepolisian.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim Kaesang resmi jadi DPO adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://tribratanews.polri.go.id/blog/hukum-4/bagi-pelamar-kerja-waspada-modus-penipuan-giveaway-berujung-pinjol-76902

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240904150246-12-1140938/aktivis-98-adukan-kaesang-hilang-ke-polisi

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Pencarian_Orang