[SALAH] Video Badai Banjir Melanda IKN, Tamu Undangan HUT RI ke-79 di IKN Dievakuasi Darurat

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut menampilkan beberapa potongan video yang tidak berkaitan antara satu dengan lainnya. Salah satu cuplikan menunjukkan banjir di Kota Valenzuela, Filipina.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: YouTube

https://archive.ph/G1sfn

= = =

Narasi:

“Badai dan Banjir Besar Mengepung IKN Hari Ini. Ibu Kota Nusantara Sabtu, 17 Agustus 2024. Apakah ini Bencana Alam Atau Hukuman Tuhan Usai 18 Paskibra Buka Jilbab Karena Di Larang. Semua Pejabat dan Tamu Undangan HUT RI ke-79 Di IKN Terjebak Banjir dan Di Evakuasi Darurat”

= = =

Penjelasan:

Sebuah unggahan YouTube yang menunjukkan beberapa cuplikan terjadinya banjir diklaim terjadi di Ibu Kota Nusantara pada 17 Agustus 2024. Disebutkan juga bahwa pejabat dan tamu undangan HUT RI ke-79 terjebak banjir di IKN dan dievakuasi darurat.

Setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan adanya banjir yang terjadi pada saat perayaan HUT RI ke-79 di IKN hingga menyebabkan pejabat dan tamu undangan terjebak dan perlu dievakuasi secara darurat.

Sebelumnya Pemeriksa Fakta Mafindo juga telah membantah video dengan klaim yang sama. Dalam laporannya disebutkan bahwa cuplikan-cuplikan terjadinya banjir dalam video tersebut tidak saling berkaitan. Disebutkan juga bahwa salah satu cuplikan pada awal video merupakan banjir di Kota Valenzuela, Filipina.

Dengan demikian, video badai banjir melanda IKN hingga pejabat dan tamu undangan di perayaan HUT RI ke-79 di IKN dievakuasi darurat adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

= = =