[SALAH] Berita Terkini Terkini ~ (Jokowi) Gibran dan Kaesang Terlibat!? Tangkap! Kabar Akurat

Hasil periksa fakta Syifa Ainun.

Thumbnail merupakan hasil manipulasi, kemudian dalam video tersebut tidak ditemukan informasi yang menyatakan  jika massa makin tak terkontrol, ribuan pendemo ngamuk dan hancurkan ruangan Jokowi.

===========
[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========
[SUMBER]: YOUTUBE https://arsip.cekfakta.com/archive/1725581249.247733/index.html (arsip)

===========
[NARASI]:
BERITA TERKINI ~ (JOKOWI) GIBRAN DAN KAESANG TERLIBAT!? TANGKAP! KABAR AKURAT
~~ MENGEJUTKAN..!!!
MASSA MAKIN TAK TERKONTROL RIBUAN PENDEMO NGAMUK DAN HANCURKAN RUANGAN JOKOWI

===========
[PENJELASAN]: 
Beredar sebuah video di Youtube yang memberikan klaim pada judul yang menyatakan bahwa Jokowi, Gibran dan Kaesang terlibat. Selain itu pada unggahan tersebut juga mengklaim pada thumbnail bahwa massa makin tidak terkontrol karena adanya ribuan pendemo yang mengamuk dan hancurkan ruangan Jokowi.

Setelah video disimak lebih lanjut, narator hanya membacakan ulang sebuah artikel dari CNN yang berjudul “Aktivis Jogja Tantang KPK Periksa Kaesang & Bobby Sebelum Jokowi Turun”. Pada artikel tersebut dituliskan bahwa telah terjadi demonstrasi yang dilakukan oleh sejumlah aktivis di Kota Yogyakarta, DIY guna mendesak KPK agar segera memeriksa putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yakni Kaesang Pangarep untuk melakukan klarifikasi menyangkut fasilitas pesawat jet pribadi yang digunakan saat bepergian ke Amerika Serikat (AS). Selain itu, berdasarkan dari sumber referensi yang dilansir dari Riau Pos menunjukan bahwa gambar pratinjau pada konten tersebut diambil dari peristiwa demonstrasi yang dilakukan mahasiswa saat menduduki ruang sidang paripurna DPRD Riau mengenai kabut asap pada 16/9/2019.

Hingga pada akhir video, tidak ada pernyataan yang membenarkan atas judul dan klaim yang diberikan. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa klaim narasi yang menyatakan bahwa Jokowi, Gibran dan Kaesang terlibat serta massa yang tidak terkontrol karena pendemo ngamuk dan rusak ruangan Jokowi tidak terbukti dan termasuk dalam konten menyesatkan.

===========
 [REFERENSI] :
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240902123823-20-1140113/aktivis-jogja-tantang-kpk-periksa-kaesang-bobby-sebelum-jokowi-turun

https://riaupos.jawapos.com/riau/2253487005/demo-soal-asap-mahasiswa-duduki-dprd-riau