[SALAH] Suporter Timnas Indonesia Sambut Kedatangan Lamine Yamal

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidak benar klaim tersebut. Isi video berbeda dengan judul yang diangkat. Narator dalam video hanya membacakan berita yang ditemukan di laman http://melintas.id tentang kontribusi Lamine Yamal dan Nico Williams. Selain itu, saat ini Lamine Yamal sedang membantu klubnya Barcelona bertanding.

====
[KATEGORI] Konten Palsu

====
[SUMBER] Youtube
https://arsip.cekfakta.com/archive/1724987833.764772/index.html

====
[NARASI]
JAKARTA MACET TOTAL‼️ JUTAAN SUPORTER TIMNAS INDONESIA MENYAMBUT KEDATANGAN LAMINEY YAMAL

====
[PENJELASAN]
Beredar video di Youtube yang mengatakan bahwa pemain Timnas Spanyol datang ke Jakarta dan disambut oleh suporter Timnas Indonesia. Video ini diunggah oleh kanal Youtube GL Sport news pada 28 Agustus 2024.

Setelah dilihat video secara keseluruhan, ternyata isi video berbeda dengan judul yang diangkat. Narator dalam video hanya berbicara mengenai Spanyol yang berhasil menjuarai Piala Eropa 2024 berkat kontribusi 2 pemain imigran Nico Williams dan Lamine Yamal. Pemeriksa fakta mencoba mencari pernyataan terkait dan menemukan di laman http://melintas.id.

Selain itu, dikutip dari http://bola.net pada 28 Agustus 2024 Lamine Yamal diketahui sedang bertanding untuk klubnya Barcelona. Yamal membantu tim mengamankan tiga poin di laga melawan Rayo Vallecano dengan skor akhir 2-1 kemenangan untuk Barcelona.

Dengan demikian, tidak benar informasi bahwa di atas.

====
[REFERENSI]
https://www.melintas.id/olahraga/344864951/spanyol-juara-piala-eropa-2024-berkat-kontribusi-2-pemain-imigran-nico-williams-dan-lamine-yamal-siapa-mereka-jangan-jangan-orang-indonesia

https://www.bola.net/amp/spanyol/man-of-the-match-rayo-vallecano-vs-barcelona-lamine-yamal-ad60e9.html