[SALAH ] Obati Diabetes Dengan Rebusan Bawang Bombai dan Soda

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidak benar mengatasi diabetes dengan rebusan bawang bombai dan minuman soda. Dari penelitian yang sudah dilakukan bawang bombai memang dapat menurunkan glukosa dalam darah namun minuman bersoda justru mengandung gula tinggi sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi untuk penderita diabetes khususnya tipe 2.

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Facebook
https://arsip.cekfakta.com/archive/1725423175.010252/index.html

====
[NARASI]
Jika Anda seorang penderita diabetes, tonton saja video ini…

====
[PENJELASAN]
Artikel disadur dari Kompas

Beredar unggahan di Facebook yang menyatakan bahwa rebusan bawang bombai yang dicampur dengan soda dapat mengatasi kelebihan gula hanya dalam satu hari. Video ini diunggah oleh akun @Medical Blog pada 27 Agustus 2024 dan sudah disukai lebih dari 15 ribu pengguna.

Setelah dilakukan penelusuran ternyata unggahan ini tidak benar. Video yang diunggah tidak menunjukkan bawang bombai sebagai obatnya melainkan bawang merah. Selain itu, dilansir dari http://Kompas.com, Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam memastikan kepada http://Kompas.com, narasi dalam video merupakan hoaks.

Sementara itu, masih dilansir dari http://Kompas.com Dokter penyakit dalam dari Junior Doctors Network (JDN) Indonesia, Andi Khomeini Takdir mengatakan, rebusan bawang bawang bombai dan minuman bersoda tidak dapat menyembuhkan diabetes. Dari penelitian yang telah dilakukan, bawang bombai memang dapat menurunkan glukosa dalam darah, berdasarkan uji coba pada mencit dan tikus. Namun penderita diabetes tipe 2 umumnya dianjurkan mengurangi konsumsi minuman yang mengandung gula tinggi salah satunya minuman bersoda.

Dengan demikian, informasi yang menyatakan bahwa rebusan bawang bombai dan soda dapat mengatasi diabetes atau kelebihan gula tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/09/03/163200582/-hoaks-rebusan-bawang-bombai-dan-soda-mengobati-diabetes