[SALAH] JOKOWI DAN PRABOWO SALING BONGKAR KASUS BESAR DI RI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video juga tidak ditemukan informasi terkait Jokowi dan Prabowo saling bongkar kasus besar di RI.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1725443687.596448/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEMP4RR!! KOALISII SUDAH PEC4H, PRABOWO DAN J0KOWI SALING SER4NG! ~ BREAKING NEWS

BREAKING NEWS
JOKOWI DAN PRABOWO RETAK
KINI SALING BONGKAR KASUS BESAR RI

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Infotama News bernarasikan Jokowi dan Prabowo saling bongkar kasus besar di Republik Indonesia (RI). Video tersebut beredar pada 1 September 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, gambar thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar berbeda. Beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel dari rmol.id berjudul “Kemesraan Jokowi dan Prabowo Kini Sudah Retak”. Artikel ini membahas tentang indikasi keretakan hubungan Jokowi dan Prabowo yang terlihat dalam narasi politik yang dibangun Jokowi maupun Prabowo di kesempatan terpisah.

Selain itu narator juga membacakan artikel lain dari rmol.id dengan judul “KPK Perlu Dalami Sumber Dana Jet Pribadi Kaesang Pangarep”. Narasi tersebut membahas tentang Pakar Kebijakan Publik Achmad Nur Hidayat yang mengatakan Kaesang Pangarep harus menjelaskan asal usul jet pribadi yang dia pakai ke Amerika Serikat bersama istrinya itu harus menjadi terang di publik.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Jokowi dan Prabowo saling bongkar kasus besar di RI tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://rmol.id/politik/read/2024/08/27/634512/kemesraan-jokowi-dan-prabowo-kini-sudah-retak

https://rmol.id/politik/read/2024/08/24/634074/kpk-perlu-dalami-sumber-dana-jet-pribadi-kaesang-pangarep