[SALAH] DPR DIBAKAR DAN POLISI DISIRAM AIR KERAS

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi kredibel terkait DPR dibakar hingga polisi disiram air keras. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1725443183.154317/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
DETIK² DPR DI BAKAR, HINGGA POLISI DI SIRAM AIR KERAS . @garispolitik1320

MENGEJUTKAN..!
DETIK2 DPR DIBAKAR..!
HINGGA POLISI DI SIRAM AIR KERAS

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan DPR dibakar hingga polisi disiram air keras beredar dari channel youtube bernama Garis Politik pada 1 September 2024.

Setelah ditelusuri, dari awal hingga akhir video tidak terdapat informasi terkait klaim narasi yang beredar. Thumbnail yang ditampilkan juga merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar berbeda.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel kumparan.com berjudul “Hiasan Merah Putih di Pagar DPR Dibakar Massa Demo”. Artikel ini membahas tentang massa demo Kawal Putusan MK yang membakar hiasan merah putih yang terpasang di pagar DPR, Kamis 22 Agustus 2024.

Selain itu terdapat juga narasi yang membahas tentang Polda Metro Jaya yang mengimbau penyiram air keras kepada anggotanya yang membubarkan aksi tawuran di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Kamis, 29 Agustus 2024 untuk segera menyerahkan diri. Narasi tersebut bersumber dari salah satu artikel tempo.co yang berjudul “Polisi Disiram Air Keras saat Bubarkan Tawuran di Jatinegara, Polda Metro Jaya: Pelaku sedang Diburu”.

Berdasarkan penjelasan di atas, kaim narasi yang disebarluaskan oleh channel youtube Garis Politik adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://kumparan.com/kumparannews/hiasan-merah-putih-di-pagar-dpr-dibakar-massa-demo-23NQ9Z4c6s4/1

https://metro.tempo.co/read/1910892/polisi-disiram-air-keras-saat-bubarkan-tawuran-di-jatinegara-polda-metro-jaya-pelaku-sedang-diburu