[SALAH] Video Kemunculan Makhluk Berwajah Monster yang Keluar dari Dalam Bumi

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya makhluk yang diklaim berwajah monster keluar dari dalam bumi tersebut merupakan hasil buatan AI. Lumpur yang meletup tersebut merupakan fenomena dari Bledug Kramesan yang berada di Jawa Tengah, tidak ada sumber valid terkait adanya monster yang keluar dari lumpur tersebut. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: YouTube

https://archive.ph/Qgnrw

= = =

Narasi:

“VIRAL..! PENAMPAKAN ANEH WAJAH MONSTER KELUAR DARI DALAM BUMI”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di YouTube dari saluran bernama ‘cerita’ dengan username @Malam_sunyi membagikan sebuah video yang mengklaim bahwa terdapat makhluk aneh berwajah monster yang keluar dari dalam bumi. Wajah monster tersebut ditunjukkan pada awal video kemudian video berlanjut menunjukkan letupan selubang lumpur.

Namun laporan Pemeriksa Fakta Mafindo pada lama turnbackhoax.id yang menyadur dari Tempo.co menyebutkan bahwa klaim tersebut adalah hoaks dari video yang telah dimanipulasi. Disebutkan juga bahwa makhluk aneh yang dikira monster tersebut merupakan gambar buatan AI dengan probabilitas sebesar 70,5%.

Kemudian, lumpur yang meletup tersebut merupakan fenomena dari Bledug Kramesan yang berada di Jawa Tengah, tidak ditemukan sumber pemberitaan valid yang mengabarkan adanya monster yang keluar dari lumpur tersebut.

Disebutkan juga bahwa Kementerian ESDM melalui laman resminya menjelaskan bahwa Bledug Kramesan adalah material dari mud diapir yang lolos dari dalam bumi ke permukaan melalui rekahan-rekahan maupun struktur sesar.

Dengan demikian, video kemunculan makhluk berwajah monster yang keluar dari dalam bumi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

= = =