[SALAH] Pertalite Dihapus per 1 September 2024

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten palsu. Pertamina dan pemerintah Indonesia sudah mengklarifikasi bahwa Pertalite tidak akan dihapus per 1 September, tetapi hanya dibatasi penggunaannya melalui aplikasi MyPertamina. 

===== 

KATEGORI: KONTEN PALSU

===== 

Sumber: Twitter
https://ghostarchive.org/archive/FW45g

===== 

Narasi:
“Pertalite dihapus 1 September
Prestasi Bahlil jadi menteri ESDM, Ya Ampun”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @AchNawari menulis cuitan yang menyatakan pertalite dihapus pada 1 September. Cuitan tersebut ditulis pada 31 Agustus 2024.

Setelah mencari klaim penghapusan pertalite pada 1 September, pihak Pertamina sudah membantah klaim ini ke beberapa media, salah satunya Kompas dan Liputan6. Berita ini telah dibahas oleh Kompas di artikelnya yang berjudul “[KLARIFIKASI] Pertamina Bantah Pertalite Dihapus Mulai 1 September 2024”.

Selain itu, CNN Indonesia membahas informasi ini dari sisi pemerintah. Melansir dari artikel berita CNN, pemerintah Indonesia bukannya akan menghapus Pertalite di SPBU Pertamina per 1 September, tapi akan membatasi penggunaannya lewat aplikasi MyPertamina. Lewat aplikasi tersebut, nantinya konsumen pengguna pertalite dan solar akan mendapatkan alokasi subsidi sesuai dengan kendaraan yang digunakan dan didaftarkan di aplikasi MyPertamina.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @AchNawari merupakan konten palsu.

=====  

Referensi:
https://video.kompas.com/watch/1674092/klarifikasi-pertamina-bantah-pertalite-dihapus-mulai-1-september-2024


https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240901104531-85-1139852/pemerintah-jamin-pertalite-tak-dihapus-cuma-jatah-beli-diatur