[SALAH] LAUTAN WARGA JAKARTA HADIRI PEMBENTUKAN PARTAI ANIES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut hanya menayangkan ulang salah satu video dari channel youtube pribadi Rocky Gerung yang ditambahi dengan thumbnail dan narasi yang menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1725376159.943908/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
DI SAMBUT LAUTAN MANUSIA, RAKYAT JAKARTA HADIRI PEMBENTUKAN PARTAI ANIES

BREAKING NEWS
LAUTAN WARGA DKI
HADIRI PEMBENTUKAN PARTAI ANIES

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan lautan warga Jakarta hadiri pembentukan partai Anies Baswedan beredar dari channel youtube bernama POLITIK 2024 pada 31 Agustus 2024. Klaim tersebut diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan panggung dan kerumunan massa.

Setelah ditelusuri, isi dalam video tersebut hanya menayangkan ulang video dari channel youtube pribadi Rocky Gerung Official yang berjudul “ROCKY GERUNG DORONG ANIES DEKLARASIKAN PARTAINYA 20 OKTOBER, BERSAMAAN DG LENGSERNYA JOKOWI”.

Sedangkan thumbnail yang menampilkan panggung dan kerumunan massa tersebut merupakan suasana kampanye akbar calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Foto aslinya dimuat dalam situs cnbcindonesia.com dengan judul “Potret Lautan Massa Pendukung Anies-Cak Imin Padati Stadion JIS”.

Dengan demikian, narasi mengenai lautan warga Jakarta hadiri pembentukan partai Anies adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20240210123202-7-513106/potret-lautan-massa-pendukung-anies-cak-imin-padati-stadion-jis

https://www.youtube.com/watch?v=WLsnMAUNPxs