[PENIPUAN] Akun TikTok Menteri Keuangan, @srimulindrawati, Bagikan 50 Juta Bagi yang Menonton Video TikTok

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Sri Mulyani tidak memiliki akun TikTok resmi. Salah satu video yang diunggah oleh akun tersebut telah dimanipulasi dengan bantuan AI, video asli menunjukkan bahwa Sri Mulyani sedang membagikan vlog saat dirinya sedang menghadiri ASEAN+3 dan Asian Development Bank Annual Meeting di Tbilisi, Georgia.

= = =

Kategori: Konten Tiruan

= = =

Sumber: TikTok

https://bit.ly/4g5p0kv

Arsip video: https://bit.ly/478UBxQ

= = =

Narasi:

“Halo semua, saya Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan Indonesia. Bagi yang sudah follow dan melihat VT saya ini, saya berjanji akan saya bantu untuk kamu saya transfer 50.000.000 ya. Ini resmi untuk modal usaha atau bayar utang. Ingat, jangan dipakai untuk foya-foya. Syaratnya mudah sekali ya, cukup tekan tanda love dan panah akan langsung saya kirim”

= = =

Penjelasan:

Terdapat sebuah akun di TikTok yang bernama Sri Mulyani dengan username @srimulindrawati yang dalam unggahannya mengaku sebagai Sri Mulyani Menteri Keuangan, dalam beberapa unggahannya tersebut berjanji akan transfer 50 juta untuk modal usaha dan bayar utang bagi yang menonton video tersebut.

Namun setelah diperhatikan akun tersebut tidak memiliki centang biru atau tanda verified yang menunjukkan keaslian dari akun tersebut. Pemeriksa Fakta Mafindo melalui mesin pencarian TikTok tidak menemukan akun resmi Sri Mulyani yang verified.  Melalui Instagram pribadinya @smindrawati dan seperti yang diberitakan oleh CNN Indonesia, Sri Mulyani telah mengklarifikasi bahwa dirinya memang tidak memiliki akun TikTok.

Penelusuran untuk mencari video asli dari video yang digunakan oleh akun tersebut dengan mengunjungi langsung laman Instagram asli dari Sri Mulyani, @smindrawati, ditemukan video yang identik. Dalam postingan Reels Instagramnya, Sri Mulyani membagikan vlog saat dirinya sedang menghadiri ASEAN+3 dan Asian Development Bank Annual Meeting di Tbilisi, Georgia, postingan tersebut diunggah pada 4 Mei 2024. Audio dalam video tersebut ketika diperiksa dengan pendeteksi AI dari Hive Moderation menunjukkan bahwa sebesar 73% audio tersebut memiliki probabilitas buatan AI.

Dengan demikian, akun TikTok Menteri Keuangan @srimulindrawati adalah tidak benar dengan kategori Konten Tiruan.

= = =

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240829104025-532-1138887/sri-mulyani-sebut-banyak-akun-palsu-catut-namanya-di-tiktok-hati-hati

https://hivemoderation.com/ai-generated-content-detection (Arsip: https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/08/deteksi-AI-video-sri-mulyani.pdf)

https://www.instagram.com/reel/C6h-22KJ_j4

= = =