[SALAH] Rocky Gerung Tantang Mahasiswa Demo UU Hukuman Mati Bagi Koruptor

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya tangkapan layar yang diunggah merupakan hasil suntingan menggunakan inspect element. Tidak ditemukan judul berita mengenai Rocky Gerung menantang mahasiswa demo UU Hukuman Mati Bagi Koruptor di laman CNN Indonesia per tanggal 23 Agustus 2024. Selengkapnya di bagian penjelasan.
———————————————————
KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI
———————————————————
NARASI:
Rocky Gerung “GERAM” Sebut Mahasiswa Yang Demo Kemarin, Mahasiswa Dungu Itu, dan Tolol, Hanya dibayar 100K/Kepala, Coba Kalian Demo di DPR, UU Hukum “Mati” Bagi Koruptor, Berani Ngk!! Saya Yakin Ngk
SUMBER AR SIP: https://archive.md/ocZSL


———————————————————
PENJELASAN:
Akun Tiktok dengan nama @hkl.garage mengunggah sebuah konten yang berisi tangkapan layar berita di web CNN Indonesia pada 23 Agustus 2023 mengenai tantangan Rocky Gerung terhadap mahasiswa.

Penelusuran fakta dilakukan dengan mengetikkan secara manual judul berita yang beredar ke mesin pencarian Google. Hasilnya, tidak ditemukan satupun informasi yang valid mengenai berita tersebut di situs CNN.

Demikian pula ketika ditelusuri secara manual pada indeks berita di web CNN Indonesia tanggal 23 Agustus 2024, tidak ditemukan informasi valid mengenai berita tantangan Rocky Gerung terhadap mahasiswa.

Konten ini merupakan hasil suntingan menggunakan inspect element, yakni dengan mengedit judul berita pada sebuah web tanpa mengubah tampilan aslinya. Sehingga ketika discreenshot, judul berita pada sebuah web tampak nyata.

Beberapa konten hasil suntingan menggunakan inspect element yang sebelumnya pernah beredar seperti artikel hasil periksa fakta turnbackhoax.id berjudul [SALAH] Tangkapan Layar Judul Berita Detik: Prabowo Subianto siap terjunkan 80 Kopasus untuk penjagaan Kejagung Dan keluarga dan “[SALAH] Tangkapan Layar Berita Detik Jabar, Kemunculan hacker bjorka menanggapi kasus “Vina_Cirebon”.”
———————————————————
REFERENSI:


https://www.niagahoster.co.id/blog/inspect-element/
https://www.affde.com/id/inspect-element-tutorial.html
https://turnbackhoax.id/2024/05/27/salah-tangkapan-layar-judul-berita-detik-prabowo-subianto-siap-terjunkan-80-kopasus-untuk-penjagaan-kejagung-dan-keluarga/
https://turnbackhoax.id/2024/05/26/salah-tangkapan-layar-berita-detik-jabar-kemunculan-hacker-bjorka-menanggapi-kasus-vina_cirebon