[SALAH] Putra Mahkota Kerajaan Inggris Masuk Islam

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, tidak ditemukan bukti yang valid mengenai Pangeran William masuk Islam. Video yang beredar merupakan hasil penggabungan dari potongan-potongan video pertemuan Pangeran William dengan komunitas Muslim. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————————————-
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
————————————————————-
NARASI:
Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Alhamdulillah..
Putra mahkota :crown: kerajaan inggris :gb: masuk Islam karena Allaah….believe it or not… Mmng bs bikin geger UK krn UK penopang utama Isra-hell dan gerakan islamophobia Freemason n Illuminati sbg kaki tangan dajjal lakanatullah alaih

SUMBER ARSIP: https://archive.md/ilMpU


————————————————————-
PENJELASAN:
Sebuah akun facebook dengan nama Susi Rahmawati mengunggah sebuah video yang menampilkan sosok putera mahkota kerajaan Inggris, Pangeran William. Video tersebut diunggah dengan klaim Pangeran William masuk Islam.

Penelusuran fakta dilakukan dengan fitur pencarian di google menggunakan kata kunci “Pangeran William masuk Islam”.

Dari penelusuran tersebut, ditemukan sebuah artikel yang diterbitkan oleh Kompas.com pada 9 maret 2024 dengan judul “[KLARIFIKASI] Tidak Ada Bukti Pangeran William Masuk Islam”. Dalam artikel tersebut, Kompas menjelaskan bahwa video yang beredar merupakan hasil penggabungan dari potongan-potongan video pertemuan Pangeran William dengan komunitas Muslim.

Misalnya cuplikan video Pangeran William mengunjungi Hayes Muslim Centre yang diunggah di kanal YouTube The Times and The Sunday Times, pada 10 Maret 2023. Ia dan istrinya datang untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan dan penggalangan dana setelah gempa dahsyat di Turki dan Suriah yang menewaskan lebih dari 50.000 orang.

Potongan-potongan video tersebut tidak memberikan bukti yang cukup mengenai klaim bahwa Pangeran William masuk Islam.

Selain itu, diketahui anggota keluarga Kerajaan Inggris menganut agama Kristen-Anglikanisme sejak 1558, setelah kerajaan berada di bawah pemerintahan Elizabeth I.

Dengan demikian, klaim pada video yang menyebut bahwa Putra Mahkota Kerajaan Inggris, Pangeran William masuk Islam, tidak benar.
————————————————————-
REFERENSI:


https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/03/09/122100982/-klarifikasi-tidak-ada-bukti-pangeran-william-memeluk-islam
https://cekhoax.id/cek-fakta/klarifikasi-tidak-ada-bukti-pangeran-william-memeluk-islam