[PENIPUAN] Link Pendaftaran Partai Perubahan yang Melibatkan Anies Baswedan, Rocky Gerung, dan Beberapa Tokoh Nasional

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Anies Baswedan telah menegaskan melalui video di Instagramnya bahwa tidak pernah mengedarkan informasi adanya pembentukan partai ataupun mengajak untuk bergabung ke sebuah partai baru yang ia terlibat, di mana saat ini mulai beredar adanya Partai Perubahan yang disebut melibatkan Anies Baswedan.

= = =

Kategori: Konten Palsu

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4e5ziPX

https://bit.ly/3XnYnQK

https://bit.ly/4e321oD

= = =

Narasi:

“PARTAI PERUBAHAN. TOKOH YANG TERLIBAT ANIES BASWEDAN “NOVEL BASWEDAN *BAMBANG WUAYANTO SUDIRMAN SAID * ROCKY GERUNG TOM LIMBONG REFLY HARUN “ABRAHAM SAMAD “FERI AMSARI “AKBAR FAIZAL LAODE BASIR “FAIZAL ASSEGAF “DENY INDRAYANA *PUTRA JAYA HUSIN “SAHRIN HAMID GURU BESAR DOSEN *MAHASISWA KAUM MILENIAL KAUM PEREMPUAN GEN Z PROFESIONAL MUDA BURUH TANI-NELAYAN AYO RAPATKAN BARISAN. SELAMATKAN DEMOKRASI INDONESIA TANPA OLIGARKI!!!”

“Simpatisan Pak Anis yg ada di seluruh Provinsi ingin gabung dgn Partai Pak Anis (Partai Perubahan) hubungi No. dibawah ini ! :point_down::pray: Kalau ragu2 gak usah hubungi. Simpatisan Pak Anis Informasi dari Ketua Relawan Nasional Partai Perubahan yg ingin gabung dan Informasi hubungi ke nomor 08571136160”

“Ba gi yang berkeinginan mendaftar ke dalam Partai Perubahan, berikut adalah Link Pendaftaran untuk Calon Pendiri Partai Perubahan :

https://forms[dot]gle/xuktvBSYGmZQcjZ26

Dan bagi yang berkeinginan mendaftar sebagai anggota saja di dalam Partai Perubahan, berikut di bawah ini adalah linknya.

FORMULIR CALON ANGGOTA PARTAI PERUBAHAN :

https://forms[dot]gle/B5WzU25eHCRjQAyD9”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi bahwa terdapat partai baru yang bernama Partai Perubahan yang menyebutkan beberapa tokoh yang terlibat di antaranya Anies Baswedan, Tom Lembong, hingga Rocky Gerung. Beredar juga poster, link pendaftaran, dan informasi donasi yang mengaitkan dengan Partai Perubahan.

Terkait beredarnya informasi tersebut Anies Baswedan melalui Instagramnya telah menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengedarkan informasi mengenai formulir pendaftaran, QR code, dan nomor rekening terkait dengan partai atau ormas baru yang ia buat. Anies juga meminta masyarakat untuk berhati-hati dan kritis dengan informasi yang beredar.

Pada 30 Agustus 2024, melalui video dengan judul “Catatan Anies Pasca Pilpres dan Pendaftaran Pilkada 2024” yang tersebar di berbagai media sosialnya Anies memang pernah menyinggung terkait kemungkinan membuat partai baru, namun Anies belum secara tegas akan membuat partai baru tersebut.

Akun Facebook Cang Oge Kobes pada postingannya juga ikut menghimbau kepada masyarakat bahwa poster-poster yang beredar terkait dengan adanya Partai Perubahan yang melibatkan Anies Baswedan tersebut adalah hoaks.

Dengan demikian, link pendaftaran partai perubahan yang melibatkan Anies Baswedan, Rocky Gerung, dan beberapa tokoh nasional adalah tidak benar dengan kategori Konten Palsu.

= = =

Referensi:

https://www.instagram.com/p/C_UsK7RS9ih

https://www.facebook.com/cangoge.kobes/posts/pfbid0bFqivV4BppYJhw9JpjVNjkVEjtymhah1WwUj7WzUUwpWmuobowcxPm8Rhos1vofhl

= = =