[SALAH] Video “Gedung Tinggi Israel Kena Drone Iran”

Hasil periksa fakta Rahmah.

Informasi keliru. Faktanya video kebakaran gedung tinggi tersebut terjadi di China (22/08/2023), bukan di Israel.

KATEGORI: MISLEADING CONTENT

SUMBER: X
https://archive.vn/n1XJy

NARASI:
“SERANGAN IRAN KE ISRAEL BERBUAH MANIES… GEDUNG TERTINGGI DI ISRAEL KENA HANTAMAN DRONE IRAN….”

PENJELASAN:
Seorang pengguna X membagikan ulang sebuah video yang bersumber dari SnackVideo. Video berdurasi 18 detik menampilkan Gedung tinggi mengalami kebakaran dan pemadam kebakaran berusaha memadamkannya. Klaim disebutkan kebakaran terjadi di Israel akibat dari serangan drone Iran.

Setelah dilakukan penelusuran, klaim narasi dengan video tidak berkaitan. Hasil pencarian dari tangkapan layar video di Google Lens mengarahkan kepada beberapa sumber salah satunya BBC.com. Video tersebut merupakan kebakaran gedung perkantoran di Xintiandi, Tianjin, China pada 22 Agustus 2024.
Dilansir dari Kompas.com, Iran mengeluarkan ancaman keras kepada Israel akibat kematian Haniyeh, pimpinan Hamas. Pada (25/08/2024) kelompok Hizbullah meluncurkan ratusan roket dan pesawat nirawak ke Israel dan mengklaim pertahanan Israel telah kehilangan kekuatan untuk mencegah serangan tersebut dikutip dari Tribunnews Aceh.

Berdasarkan keterangan di atas narasi dan video yang di posting di akun X tidak berkaitan dan tidak ada hubungannya dengan serangan Iran ke Israel. Sehingga dapat dikategorikan sebagai konten menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.bbc.com/news/av/world-asia-66590444

https://twitter.com/shanghaidaily/status/1693886578568073716

https://video.kompas.com/watch/1661692/iran-kembali-ancam-israel-janjikan-pembalasan-tuntas-atas-kematian-haniyeh

https://aceh.tribunnews.com/2024/08/26/video-kewalahan-cegah-ratusan-roket-iran-nilai-israel-kehilangan-pertahanan-hadapi-hizbullah