[SALAH] Tasikmalaya Pecah Tersapu Bersih Akibat Gempa 28 Agustus 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan Tasikmalaya pecah tersapu bersih akibat diterjang gempa adalah salah. Belum diketahui ada atau tidaknya korban jiwa dan dampak kerusakan dari peristiwa ini.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/gF3O1lkOaWw (arsip)

===========

[NARASI]: “TASIKMALAYA PECAH!! GEMPA DARAT MENGERIKAN SAPU BERSIH TASIKMALAYA HARI INI 28 AGUSTUS 2024”

===========

[PENJELASAN]:
Pada 28 Agustus 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul Tasikmalaya pecah tersapu bersih akibat diterjang gempa.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian Google ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Okezone yang berjudul “Gempa M3,4 Guncang Tasikmalaya Jabar”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi gempa yang menyebabkan Tasikmalaya pecah dan tersapu bersih.

Dilansir dari Okezone, Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 3,4 mengguncang wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Rabu (28/8/2024) sekira pukul 10.36 WIB. Berdasarkan informasi dari akun X/Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada di 7.74 Lintang Selatan – 107.84 Bujur Timur.

Sementara itu, tumbnail yang digunakan pada video Youtube tersebut berasal dari gambar pratinjau video gempa Kobe di Jepang tahun 1995. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan terjadi gempa yang menyebabkan Tasikmalaya pecah dan tersapu bersih adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
https://news.okezone.com/read/2024/08/28/525/3055382/gempa-m3-4-guncang-tasikmalaya-jabar


https://www.dailymotion.com/video/x7vz4qm