[SALAH] PDIP dan MK Sepakan Akan Memakzulkan Jokowi

Hasil periksa fakta Panji

Isi video hanya membahas  mengenai opini dari pegiat media sosial, Jhon Sitorus, terkait dengan rumor PDIP akan mempersatukan Anies dan Ahok.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/eqt0_hcYqOE (arsip)

===========

[NARASI]:

BERITA TERKINI – PDIP DAN MK SEPKAT MAKZULKAN (JOKOWI?) – PILPRES 2024 – PEMILU 2024

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah unggahan di Youtube menyebarkan sebuah klaim jika PDIP dan MK telah melakukan kesepakatan untuk memakzulkan Presiden Jokowi di depan publik.

Thumbnail video menampilkan Presiden Jokowi yang membungkuk di hadapan Megawati dan para pengurus PDIP lain, tetapi setelah dilakukan pencarian gambar di Google Lens foto tersebut serupa dengan yang ada dalam artikel di Merdeka.com. 

Faktanya foto tersebut adalah foto yang diambil saat pengukuhan pengurus DPP PDIP di Grand Inna Bali Beach pada tahun 2019 lalu. Dengan demikian thumbnail video tersebut telah dimanipulasi seolah Presiden Jokowi sedang membungkuk di hadapan Megawati dan yang lain.

Selain gambar thumbnail yang dimanipulasi, isi video tersebut juga sangat berbeda dari klaim pada judul. Pembahasan video hanya mengenai opini dari pegiat media sosial, Jhon Sitorus, terkait dengan rumor PDIP akan mempersatukan Anies dan Ahok.

Hingga akhir video tidak ada penjelasan yang membenarkan klaim pada judul mengenai  PDIP dan MK yang bersepakat untuk memakzulkan Presiden Jokowi.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.merdeka.com/politik/janji-djarot-ciptakan-kader-kader-pdip-terbaik-melalui-sekolah-partai.html

https://www.gelora.co/2024/08/begini-pilkada-dki-jakarta-jika-anies.html