[SALAH] Artikel TribunNews Terkait Suku Dayak yang Menyinggung Pelepasan Hijab Paskibraka bukan Lepas Celana

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tangkapan layar tersebut merupakan hasil manipulasi. Judul asli artikel TribunNews yang menampilkan dua wanita berpakaian adat Dayak tersebut adalah “Warga Dayak Dukung Jokowi-JK”. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4e0bvB6

= = =

Narasi:

“Warga Dayak Sebut: Peserta Putri Paskibraka Hanya melepas jilbab, bukan lepad Celana, Jadi Tidak Usah di Perdebatkan”

“Salah satu bentuk ‘penggembosan kekuatan rakyat’ dengan metode adu domba. Warga dayak yang mana? Hati2, tandain siapa penulis artikelnya.

Dilarang komen memojokkan kubu yang disinggung dalam artikel tersebut karena itu adalah tujuan artikel tersebut.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan Facebook membagikan tangkapan layar dari artikel berita TribunNews terkait komentar dari warga suku Dayak terkait ramainya perbincangan di media sosial terkait aturan paskibraka putri yang diminta untuk melepas hijab. Judul artikel tersebut menyebut bahwa suku Dayak menyinggung mereka hanya diminta melepas hijab bukan melepas celana sehingga tidak perlu diperdebatkan.

Namun setelah ditelusuri oleh Pemeriksa Fakta Mafindo tidak ditemukan artikel tersebut pada laman TribunNews. Artikel asli yang menunjukkan dua wanita mengenakan pakaian adat suku Dayak tersebut adalah “Warga Dayak Dukung Jokowi-JK”.

Waktu posting artikel asli tersebut sama dengan waktu yang ditampilkan pada tangkapan layar, sehingga dapat dipastikan judul artikel pada tangkapan layar yang beredar tersebut adalah hasil manipulasi.

Dengan demikian, artikel TribunNews terkait suku Dayak yang menyinggung pelepasan hijab paskibraka bukan lepas celana adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

= = =