[PENIPUAN] Wawancara Najwa Shihab dengan dr. Isman Firdaus Terkait Penemuan Obat Tekanan Darah dari Akar Jahe

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut telah dibuat dengan menggunakan Deepfake. Dalam video asli Najwa Shihab dan dr. Isman Firdaus tidak membahas obat tekanan darah tinggi dari jahe.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4g4bvBC

= = =

Narasi:

“ Jika Anda menghadapi penyakit kardiovaskular, gunakan metode unik ini untuk sepenuhnya menyembuhkannya besok dengan kepastian 100%. ”

Najwa Shihab: “Kabar baik masalah tekanan darah tinggi di Indonesia telah berakhir selamanya dokter kardiolok isman firdaus mengungkap rahasia paling kotor dari perusahaan farmasi yang mereka sembunyikan dari semua orang selama 77 tahun, ternyata para apoteker hanya menghasilkan uang dari obat-obatan mahal. Yang tidak membantu tubuh Anda mengatasi hipertensi, tetapi malah memperburuknya, dokter isman firdaus menemukan kebenaran dan mengetahui tentang minuman yang sangat sederhana yang menormalkan tekanan darah menjadi 120-an 80 hanya dalam 27 jam penggunaan. Sekarang dokter isman sendiri akan memberitahu kita tentang minuman rumah yang sederhana ini.”

dr. Isman Firdaus: “Nama saya dr. isman firdaus, saya telah mempelajari hipertensi dan tekanan darah tinggi selama 25 tahun dan menjadi salah satu kardiolog terkemuka di Indonesia setelah melakukan lebih dari 770 eksperimen ilmiah, saya menyadari bahwa dalam semua obat medis yang dengan tipu daya dipaksa Anda beli oleh para apoteker. Tidak ada 1 elemen penting yang berperan dalam menstabilkan tekanan darah Anda menjadi 120 pukul 80.00 dan pemulihan total dari hipertensi sebenarnya penyebab utama hipertensi bukanlah gaya hidup, pola makan usia atau bahkan genetika Anda, penyebab sebenarnya dari hipertensi adalah kekurangan seng 17 dalam tubuh. … Saya membuat video presentasi singkat 5 menit yang menjelaskan secara rinci cara membuat dan menggunakan minuman revolusioner ini di rumah Anda tonton videonya sekarang juga dan mulai gunakan secepat mungkin karena akan dihapus dalam 15 menit demi keamanan saya klik tombol di bawah ini dan tonton videonya.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Tempo.co.

Beredar sebuah video di Facebook yang menunjukkan Najwa Shihab sedang mewawancara dr. Isman Firdaus yang diklaim menemukan obat tekanan darah hanya dengan ramuan akar jahe, disebutkan juga bahwa obat-obat yang dijual di apotek tidak ada kandungan yang dibutuhkan untuk menekan tekanan darah. Terlihat pada kolom komentar di postingan tersebut, orang-orang percaya dan berterima kasih atas informasi tersebut.

Namun penelusuran Tim Cek Fakta Tempo menunjukkan bahwa video dari Najwa Shihab dan dr. Isman Firdaus tersebut adalah buatan Deepfake. Najwa Shihab dalam video aslinya sedang membawakan acara Mata Najwa di Trans7 pada 2018.

Kemudian video asli dari Isman Firdaus sedang berbicara mengenai menjaga kesehatan jantung selama bulan puasa dan lebaran yang disampaikan saat dirinya menjadi pembicara pada episode 10 Tausiyah Ramadhan yang ditayangkan pada saluran YouTube FSI FKUI pada Mei 2021.

Sebelumnya Pemeriksa Fakta Mafindo juga pernah membantah video dengan desain yang mirip yang juga menampilkan Najwa Shihab dan dr. Isman Firdaus hanya saja dengan klaim yang berbeda. Dalam laporannya disebutkan bahwa video telah dimanipulasi dengan audio buatan AI.

Dengan demikian, wawancara Najwa Shihab dengan dr. Isman Firdaus terkait penemuan obat tekanan darah dari akar jahe adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3087/keliru-video-berisi-klaim-mata-najwa-menayangkan-dr-isman-firdaus-terkait-khasiat-jahe-menurunkan-tekanan-darah

= = =