[PENIPUAN] Video Prabowo Bagikan Bantuan dalam Rangka Hari Kemerdekaan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya audio dalam video tersebut terlah dimanipulasi dengan buatan AI. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa audio sebesar 94% memiliki probabilitas buatan AI.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4dBejVi

Arsip video: https://bit.ly/4dvrU0p

= = =

Narasi:

“Assalamualaikum, saya Prabowo Subianto, presiden Republik Indonesia dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia saya akan memberi bantuan untuk seluruh rakyat Indonesia khusus yang sudah follow dan benar-benar membutuhkan bantuan saya akan berikan hari ini langsung silahkan tekan tanda. Loh, dan panah bantuan akan segera saya berikan. Semoga bisa meringankan perekonomian rakyatku tercinta.”

“:memo: BAGI YANG INGIN KAMI BANTU KHUSUS YANG LAGI ADA KEBUTUHAN SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI :arrow_down::phone::https://wa[dot]me/6285664682664 :phone: 085664682664:phone:”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video yang menunjukkan Prabowo Subianto beredar di Facebook yang menyebut bahwa presiden terpilih akan memberi bantuan untuk seluruh rakyat Indonesia khusus yang sudah follow dan bagi yang benar-benar membutuhkan. Dalam komentar dari postingan video tersebut diarahkan untuk menghubungi nomor WhatsApp.

Setelah ditelusuri dengan AI Speech Classifier dari ElevenLabs.io, faktanya audio dalam video tersebut merupakan hasil buatan AI yang memiliki probabilitas buatan AI sebesar 94%. Video tersebut juga sebelumnya telah digunakan untuk modus penipuan, video yang identik tersebut juga sebelumnya telah dibantah keasliannya oleh Pemeriksa Fakta Mafindo di turnbackhoax.id.

Postingan seperti ini merupakan modus penipuan, dengan tanda-tanda di mana korban diminta untuk menghubungi pelaku melalui pesan pribadi di WhatsApp. Masyarakat diingatkan kembali untuk tidak mengikuti arahan yang diberikan dan tidak membagikan informasi pribadi yang bersifat rahasia agar terhindar dari penipuan.

Dengan demikian, video Prabowo bagikan bantuan di hari kemerdekaan adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier (Arsip: https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/08/Hasil-AI-Bantuan-dari-Prabowo-dalam-rangka-hari-kemerdekaan-Indonesia.pdf)

= = =