[PENIPUAN] Pengobatan Ida Dayak Hadir di Graha Cendekia UNIPMA Madiun

Hasil periksa fakta Rahmah.

Pihak Pengelola Graha Cendekia UNIPMA Madiun menegaskan flyer tersebut tidak benar.

KATEGORI: KONTEN TIRUAN

SUMBER: FACEBOOK
https://archive.vn/XOgqj

NARASI:
Ida Dayak Akan Hadi di MADIUN
JANGAN LEWATKAN PENGOBATAN IDA DAYAK
SEMOGA KESEMBUHAN OLEH ALLAH SWR
3 S/D 7 OKTOBER 2024
09.00 – 17.00
GEDUNG GRAHA CENDEKIA, UNIPMA

PENDAFTARAN VIA WHATSAPP
0851 4372 7046”

PENJELASAN:
Akun Facebook Ida Dayak membagikan jadwal pengobatan Ida Dayak. Postingan pada (20/08/24) menampilkan poster pengobatan Ida Dayak di Madiun, berlokasi di Gedung Graha Cendekia UNIPMA. Acara di adakan pada 3 sampai 7 Oktober 2024, mulai pukul 9 pagi sampai 5 sore. Terkait pendaftaran tercantum nara hubung 0851 4372 7046.

Dilansir dari Madiun Today, pihak pengelola Graha Cendekia UNIPMA, Marheny Lukitasari mengklarifikasi bahwa tidak ada kegiatan tersebut pada jadwal yang telah ditentukan di Gedung Graha Cendekia. Marheny menambahkan adanya flyer tersebut merugikan banyak pihak. Dan pihaknya telah melaporkan ke polsek.

Nomor yang tertera dilakukan pengecekan di Get Contact mendapatkan peringatan spam. Marheny mengingatkan masyarakat agar tidak tertipu dan selalu konfirmasi informasi yang di dapat. Dengan demikian adanya pengobatan Ida Dayak di Graha Cendekia UNIPMA merupakan konten palsu.

Belakangan ini poster pengobatan mengatasnamakan Ida Dayak banyak beredar. Desain poster pun beragam dapat dilihat pada laman turnbackhoax. Berikut ragam desain poster penipuan tersebut:

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/C-9XDCVtsah/?locale=zh_CN&hl=cs&img_index=1

https://madiuntoday.id/berita/2024/08/22/beredar-informasi-acara-pengobatan-alternatif-di-graha-cendekia-pihak-pengelola-pastikan-itu-hoax