[PENIPUAN] AKUN WHATSAPP MENGATASNAMAKAN TELKOMSEL UNTUK PENUKARAN POIN

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, melansir laman resminya, Telkomsel hanya menyediakan 2 (dua) cara untuk dapat menukar poin milik pengguna, yaitu: melalui aplikasi MyTelkomsel dan melalui kode UMB *700#.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: IMPOSTER CONTENT/Konten Tiruan

=====
[SUMBER]: WHATSAPP
https://ghostarchive.org/archive/UHDIa
https://ghostarchive.org/archive/Y1PJq

=====
[NARASI]:

“Salam dari Telkomsel: kami perhatikan bahwa poin Telkomsel (3022 poin) di akun Anda akan habis masa berlakunya hari ini. Silahkan tukarkan poin Anda dengan reward yang tersedia. Silahkan kunjungi https://lihi[dot]cc/WPr2X untuk informasi lebih lanjut.”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah narasi melalui aplikasi pesan Whatsapp, yang berisi informasi perihal penukaran hadiah melalui mekanisme tukar poin Telkomsel. Di dalam pesan yang dikirim oleh nomor +51910110381 (Zazadczxk) terdapat tautan yang mengarahkan penerima pesan pada laman yang memiliki tampilan dan logo seperti milik Telkomsel.

Namun, ada yang aneh ketika menekan tautan tersebut. Sebab, penerima pesan ternyata diarahkan untuk mengisi nomor telepon/nomor kartu yang dimiliki. Padahal di awal narasi disebutkan bahwa penerima pesan memiliki poin pada kartunya. Lalu apakah tautan dan kegiatan tukar poin yang terdapat di dalam narasi tersebut adalah benar berasal dari Telkomsel?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut terkait dengan tautan dan narasi yang terdapat di dalam pesan tersebut, ditemukan fakta bahwa pesan tersebut terindikasi sebagai sebuah penipuan. Pasalnya, melansir dari laman resmi Telkomsel yaitu telkomsel.com, tidak ditemui adanya informasi mengenai penukaran poin melalui tautan yang dikirimkan dari pesan Whatsapp.

Melansir dari artikel milik Telkomsel yang berjudul, “Telkomsel Poin: Kegunaan dan Cara Menukarnya” yang diunggah pada 24 Mei 2024, disebutkan bahwa terdapat 2 (dua) cara untuk dapat menukar Telkomsel Poin, yaitu melalui aplikasi MyTelkomsel dan melalui kode UMB *700#. Tidak didapati metode penukaran poin melalui tautan atau pesan Whatsapp seperti yang dikirimkan oleh nomor tersebut.

Melalui artikel lainnya, pihak Telkomsel juga telah mengimbau para pengguna untuk berhati-hati dan lebih waspada dalam mengenali berbagai jenis penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel. Salah satunya modus penipuan Online Phising dengan menggunakan telepon, email, atau pesan teks seperti WhatsApp dan Telegram.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pesan Whatsapp yang mengatasnamakan Telkomsel dalam rangka penukaran poin menjadi hadiah merupakan pesan penipuan dan termasuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.telkomsel.com/jelajah/jelajah-lifestyle/telkomsel-poin-dan-cara-menukarnya

https://www.telkomsel.com/jelajah/jelajah-lifestyle/cara-cek-poin-telkomsel-dan-menukarnya-dengan-kuota-atau-voucher

https://www.telkomsel.com/about-us/blogs/waspada-penipuan-online-kenali-modusnya-laporkan-kejadiannya

=====

https://telkomcel.help/en