[SALAH] Video Tank IDF yang Dilumpuhkan Hizbullah

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video itu menunjukkan dua tank Rusia yang dibom pasukan Ukraina, bukan IDF yang berhasil dilumpuhkan Hizbullah.

===== 

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

===== 

Sumber: Twitter
https://archive.ph/JZ9k6

===== 

Narasi:
“MELELEH …

BELUM PUN DI SERANG IRAN,PEJUANG #HIZBULLAH SUDAH MEMBUAT TENTARA IDF LUMPUH TOTAL”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @21_mozza mengunggah video yang menunjukkan beberapa tank dan bangunan yang berhasil di bom. @21_mozza mengklaim bahwa video itu adalah bukti IDF yang berhasil dilumpuhkan total oleh pasukan Hizbullah. Cuitan dan video yang diunggah pada 26 Agustus tersebut telah disukai 2,478 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 800 kali, serta telah dilihat 82,400 kali.

Setelah menelusuri video tersebut dengan InVid dan Yandex, terdapat banyak video sama persis yang banyak diunggah sebulan lalu. Sebagian besar diunggah di kanal YouTube, salah satunya oleh pengguna bernama “Armourdesia Military Hardware” satu bulan lalu. Video yang diberi judul “Russian Attack column repelled: Tanks hits mines crew safely retreated” dilengkapi dengan kronologi kejadian di kolom deskripsi, serta tertulis bahwa dua tank dan tiga kendaraan tempur yang berhasil di bom itu adalah milik Rusia.

Selain itu, video yang sama persis juga telah diunggah oleh akun YouTube “EngineerReact” dengan judul “Two Tanks And Two BMP Blow Up By Powerful Drones (Turret Toss). Pada kolom deskripsi dijelaskan bahwa akun tersebut meneliti mengenai konflik Ukraina-Rusia.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Twitter @21_mozza merupakan konten yang menyesatkan.

 =====  

Referensi: 
https://www.youtube.com/watch?v=vNJ0K4_gMis


https://www.youtube.com/watch?v=ez4PG0mxK0o