[SALAH] Video Polisi China Menyamar Jadi TKA Diangkap Warga

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, video tersebut merupakan cuplikan video demonstrasi massa di Kabupaten Pohuwanto, Gorontalo, pada 21 September 2023 di mana polisi tersebut diselamatkan oleh sekelompok warga dari amukan massa. Selengkapnya di bagian penjelasan.

————————————————————–

KATEGORI:

KONTEN YANG MENYESATKAN

————————————————————–

NARASI:BAJINGAN… KURANG AJAR…!!!Polisi yang tertinggal ketangkap…ternyata orang China…Benar apa yang kita khawatirkan, bahwa orang² yang masuk ke NKRI sebagai tenaga kerja memang benar² Polisi/Tentara China yang menyamar…VIRALKAN…!!!

SUMBER ARSIP: https://archive.md/8n8D

————————————————————

PENJELASAN:

Artikel saduran dari Tempo

Sebuah akun facebook dengan nama Om Encib mengunggah sebuah video yang menampakkan seorang Polisi dikerumuni oleh sejumlah orang. Video tersebut diunggah dengan klaim Polisi China yang menyamar menjadi TKA telah ditangkap oleh warga.

Setelah dilakukan pemeriksaan dengan mengunggah tangkapan layar ke google lens, ditemukan sebuah artikel periksa fakta Tempo pada 29 September 2023 dengan judul “Menyesatkan, Video Berisi Klaim Polisi China yang Diselundupkan Sebagai TKA di Indonesia.”

Dalam artikel tersebut, Tempo menemukan referensi yang memiliki suasana mirip dengan video yang beredar, yakni pada sebuah unggahan video dari kanal YouTube Tribun Timur. Video tersebut menerangkan bahwa polisi pada video bertugas meredam kericuhan dalam demonstrasi massa yang menuntut ganti rugi lahan dari perusahaan tambang di Kabupaten Pohuwanto. Polisi tersebut terpisah dari kelompoknya saat diserang massa. Dalam video tersebut tampak sekelompok warga berusaha menyelamatkan Polisi dari serangan massa.

Dengan demikian, klaim pada video bahwa Polisi China yang menyamar menjadi TKA telah ditangkap oleh warga, tidak benar.

————————————————————

REFERENSI:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2479/menyesatkan-video-berisi-klaim-polisi-china-yang-diselundupkan-sebagai-tka-di-indonesia

https://www.youtube.com/watch?v=NBSzn9qIu2w