[SALAH] Shin Tae Yong Coret Pratama Arhan Dari Timnas Indonesia

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidaklah benar unggahan tersebut karena isi dan judul video tidak memiliki kesesuaian. Narator dalam video hanya membacakan berita tentang viralnya video istri Pratama Arhan yang ditemukan di laman http://poskota.co.id. Selain itu, Shin Tae Yong sudah memberikan satu tempat di Timnas Indonesia untuk Arhan.

====
[KATEGORI] Konten palsu

====
[SUMBER] Youtube
https://arsip.cekfakta.com/archive/1724745902.643123/index.html

====
[NARASI]
TAK BISA DI BANTAH LAGI !! KEPUTUSAN STY CORET ARHAN DARI SQUAD TIMNAS SUDAH BENAR BENAR BULAT

====
[PENJELASAN]
Sebuah unggahan di Youtube menyatakan bahwa pelatih sepakbola Indonesia Shin Tae Yong telah mencoret nama Pratama Arhan di tim nasional Indonesia. Video ini diunggah oleh kanal Youtube bernama Goat News pada 25 Agustus 2024.

Setelah video dilihat secara keseluruhan ternyata isinya berbeda dengan judul yang dituliskan. Narator dalam video tersebut berbicara mengenai video syur yang diduga Azizah istri Pratama Arhan. Pemeriksa mencoba mencari pernyataan tersebut di internet.

Hasilnya, pernyataan tersebut ditemukan di artikel http://poskota.co.id dengan judul “Netizen Gempar ! Video Syur Diduga Azizah Salsha Istri Pratama Arhan Viral di X dan Telah Ditonton oleh 4,3 Juta Pengguna”. Artikel ini diunggah pada 22 Agustus 2024.

Selain itu, dilansir dari sport. detik. com Shin Tae Yong menjamin bahwa satu tempat di Timnas Indonesia akan menjadi milik Arhan. Dengan demikian tidaklah benar informasi yang mengatakan Shin Tae Yong mencoret Pratama Arhan dari Timnas Indonesia.

====
[REFERENSI]

https://poskota.co.id/2024/08/22/netizen-gempar-video-syur-diduga-azizah-salsha-istri-pratama-arhan-viral-di-x-dan-telah-ditonton-oleh-43-juta-pengguna/amp

https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/d-7506427/pratama-arhan-dibelit-masalah-shin-tae-yong-tetap-panggil-ke-timnas