[SALAH] Mahasiswa Berhasil Menerobos Masuk ke Istana Negara pada Demo 22 Agustus 2024

Hasil periksa fakta Panji

Isi video hanya membahas tentang aksi demo RUU Pilkada yang berlangsung di Kota Solo, tidak ada pembahasan mengenai Istana Negara yang diterobos masuk oleh mahasiswa seperti klaim pada judul thumbnail.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/0-IAlN1X2zE (arsip)

===========

[NARASI]:

MENGEJUTKAN…! KAWAT BERDURI TAK MEMPAN AKSI MAHASISWA MEMAKSA MASUK ISTANA AKHIRNYA BERHASIL

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang memberikan klaim pada judul jika para mahasiswa berhasil melewati kawat berduri dan masuk ke dalam Istana Negara.

Video ini menampilkan dengan menampilkan cuplikan-cuplikan aksi demo yang terjadi di berbagai tempat, kemudian saat disimak lebih lanjut narator hanya membacakan ulang sebuah berita terbitan merahputih.com yang berjudul “Aksi Jalan Mundur dan Bakar ‘Pocong Jokowi’ di Bekas Kantor Gibran”.

Artikel tersebut justru hanya membahas tentang aksi demo RUU Pilkada yang dilakukan oleh mahasiswa di Kota Solo. Dalam aksi tersebut massa melakukan aksi jalan mundur dari Bundaran Gladak menuju Balai Kota Solo, sebagai simbol mundurnya demokrasi Indonesia. Massa terlihat juga membawa pocong berwajah Jokowi yang kemudian dibakar.

Selebihnya tidak ada pembahasan mengenai Istana Negara yang berhasil diterobos masuk oleh para mahasiswa yang melakukan aksi demo pada sekitar tanggal 22 Agustus 2024 kemarin.

Sementara itu, gambar thumbnail yang digunakan tersebut berasal dari foto Kumparan yang mana merupakan aksi unjuk rasa mahasiswa di Jalan Medan Merdeka pada tahun 2022 yang lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.merahputih.com/post/read/aksi-jalan-mundur-dan-bakar-pocong-jokowi-di-bekas-kantor-gibran

https://kumparan.com/kumparannews/bin-demo-tolak-kenaikan-bbm-terjadi-di-sejumlah-kota-ikuti-aturan-main-1ynoN5B4cgW