[SALAH] Mahasiswa Berhasil Masuk ke Dalam Gedung DPR RI

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya demo tersebut terjadi di kantor DPRD Kabupaten Sinjai yang semula memanas mulai redam saat pejabat pemerintah daerah hadir menemui, Selasa (24/9/2019).

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://archive.cob.web.id/archive/1724771491.353253/index.html

=====

[NARASI]: Mahasiswa sudah menguasai masuk dalam gedung @DPR_RI semestinya @jokowi mundur, rakyat sudah tak membutuhkan lagi.

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “H4T14K4LN4L423” pada tanggal 23 Agustus 2024 yang mengunggah video dengan narasi Mahasiswa berhasil masuk ke dalam gedung DPR RI.

Setelah melakukan penelusuran menggunakan Google Lens ditemukan gambar yang mirip pada artikel milik gosulsel.com dengan judul artikel “Demo Mahasiswa di Sinjai, Sejumlah Fasilitas DPRD Rusak”.

Demo yang dilakukan oleh Aliansi Mahasiswa Muhammadiyah tersebut terjadi di kantor DPRD Kabupaten Sinjai pada Selasa (24/9/2019).  Sambil menunggu adanya anggota DPRD untuk menemui mereka, Mahasiswa bergantian berorasi. Dengan tuntutan diantaranya menolak RUU Pertanahan, RHUKP, RUU KPK, dan RUU Ketenaga kerjaan.

Dengan demikian klaim tentang Mahasiswa berhasil masuk ke dalam gedung DPR RI adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://gosulsel.com/2019/09/24/demo-mahasiswa-di-sinjai-sejumlah-fasilitas-dprd-rusak/