[SALAH] 700 Tentara IDF Menyerahkan Diri ke PBB Dipimpin TNI Indonesia

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Beberapa cuplikan video di cuitan tersebut diambil dari kejadian-kejadian berbeda yang tidak saling berhubungan, serta tidak ada berita mengenai tentara IDF menyerahkan diri ke PBB, begitu juga dengan TNI Indonesia.

===== 

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

===== 

Sumber: Twitter
https://archive.ph/qyM4Z

===== 

Narasi:
“CARI SELAMAT 700 TENTARA IDF MENYERAHKAN DIRI KE PBB yang dipimpin oleh tentara nasional indonesia tni”.

“Cari selamet aja lah”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @daveSJK mengunggah video yang terdiri dari beberapa cuplikan video dan penjelasan bahwa 700 tentara IDF telah menyerahkan diri ke PBB. Di video itu juga dijelaskan bahwa gerakan tersebut dipimpin oleh TNI Indonesia. Cuitan dan video tersebut diunggah pada 17 Agustus 2024. 

Setelah menelusuri beberapa cuplikan video yang digunakan, terlihat bahwa beberapa video tersebut tidak ada hubungannya dengan tentara IDF yang menyerahkan diri ke PBB. Salah satu contohnya, video yang dimainkan pada detik ke 0:48 diambil dari kejadian ribuan anak-anak yang menjadi korban penangkapan massal di El Salvador. Cuplikan dan foto ini dapat dilihat di artikel berita DW berjudul “HRW reports more than 3,000 minors detained in El Salvador” dan artikel The Guardian “Thousands of children swept up in El Salvador mass arrests, rights body says”. Kedua artikel tersebut dipublikasikan pada Juli 2024. 

Selain itu, cuplikan tiga tentara dengan bendera Israel di belakang mereka, seperti yang terlihat pada tiga detik pertama video, diambil dari salah satu video YouTube yang berjudul “אלוף פיקוד דרום בזירת האסון ברפיח: “נשמיד את כל תשתיות האויב בסביבה” (קרדיט: דובר צה”ל)” yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berbunyi “Mayor Jenderal Komando Selatan di lokasi bencana di Rafah: ‘Kami akan menghancurkan semua infrastruktur musuh di sekitar”.

Lebih lanjut, pencarian mengenai berita 700 tentara IDF menyerahkan diri ke PBB juga tidak ditemukan di manapun. Pemeriksa fakta MAFINDO menelusuri dengan kata kunci “700 tentara Israel menyerahkan diri di PBB”, “700 IDF soldiers surrender to UN”, dan “700 tentara Israel ke PBB dipimpin TNI”. 

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @daveSJK merupakan konten yang menyesatkan.

 =====  

Referensi: 
https://www.dw.com/es/hrw-reporta-m%C3%A1s-de-3000-menores-detenidos-en-el-salvador/a-69684610


https://www.theguardian.com/global-development/article/2024/jul/16/el-salvador-children-detentions-human-rights-watch


https://www.youtube.com/watch?v=EuqwdwhU_wE