[PENIPUAN] Arini Subianto Memberikan Uang Senilai 30 Juta Untuk Orang Yang Membutuhkan

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video tersebut merupakan editan artificial intelligence (AI). Video serupa pada akun YouTube IDN Times, yang diunggah pada bulan Januari 2020. Ia hadir di acara Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten yang dimanipulasi

Beredar sebuah video oleh akun TikTok “arini.subianto_real” yang diklaim milik Arini Subianto. Video tersebut menampilkan Arini sedang berbicara di depan media dan menyebutkan bahwa ini merupakan video TikTok pertamanya. Selaim itu ia juga akan memberikan uang senilai 30 juta bagi orang yang membutuhkan.

NARASI:
Assalamualaikum kepada semua, saya Arini Subianto. Kata orang saya adalah wanita terkaya di Indonesia, alhamdulillah ya. Untuk mengucap rasa syukur saya, saya akan membagikan 30 juta.Ini adalah akun TikTok pertama saya. Jadi siapapun yang ketahuan follow dan share, saya akan langsung transfer kamu ya. Asal kamu jujur dan uangnya jangan untuk foya-foya.

Sumber: TikTok https://archive.is/6yLCj Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan editan artificial intelligence (AI). Arini Subianto adalah seorang pengusaha asal Indonesia. Dan juga merupakan satu dari dua wanita terkaya di Indonesia pada tahun 2019 menurut majalah Forbes dengan nilai kekayaan sebesar 600 juta dolar AS

Pada sebaran informasi di TikTok. Ditemukan video serupa pada akun YouTube IDN Times, yang diunggah pada bulan Januari 2020. Ia hadir di acara Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020.

Sebagai CEO Persada Group, Arini Subianto, membeberkan kiat-kiat praktisnya menjalani hidup sebagai salah satu perempuan terkaya di Indonesia.

Dengan demikian, video tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi, serta akun TikTok tersebut bukan merupakan milik Arini Subianto.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=Kx3XPEa79PY
https://id.wikipedia.org/wiki/Arini_Saraswati_Subianto
https://www.idntimes.com/news/indonesia/isidorus-rio/merintis-jalan-jadi-perempuan-hebat-ala-arini-subianto