[SALAH] PDIP Sah Usung Anies Baswedan Dipilgub DKI Jakarta 2024

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Cagub-Cawagub DKI Jakarta 2024 yang diusung oleh PDIP adalah Pramono Anung dan Rano Karno yang diketahui telah resmi mendaftar di KPU pada Rabu, 28 Agustus 2024.

====
[KATEGORI] Konten yang menyesatkan

====
[SUMBER] Tiktok
https://arsip.cekfakta.com/archive/1724831002.586006/index.html

====
[NARASI]
SAH…!!!

PDI Perjuangan usung Anies Baswedan
Kamis 28 Agustus mendaftar ke KPU
Akhirnya PDI Perjuangan usung Anies di Pilgub DKI

====
[PENJELASAN]
Beredar unggahan yang menyatakan bahwa Anies Baswedan sah diusung oleh PDI Perjuangan di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024. Dalam unggahan ini juga dikatakan bahwa Anies akan mendaftar di KPU pada tanggal 28 Agustus. Video ini diunggah oleh akun tiktok bernama @taufikilham46 pada 27 Agustus 2024.

Setelah dilakukan penelusuran ternyata informasi tersebut tidaklah benar. Dilansir dari http://bbc.com, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah resmi mengusung kadernya sendiri yaitu Pramono Anung dan Rano Karno sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Selain itu, dikutip dari http://detik.com, Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo dan mantan Wakil Gubernur Banten Rano Karno selaku Cagub-Cawagub yang diusung PDIP telah resmi mendaftar ke KPU DKI pada Rabu, 28 Agustus 2024 untuk mengikuti Pilgub Jakarta.

Dengan demikian, dapat disimpulkan klaim di atas tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.bbc.com/indonesia/articles/cdeyg0ljxkxo.amp

https://news.detik.com/pilkada/d-7512488/pramono-anung-rano-karno-resmi-daftar-cagub-cawagub-jakarta-ke-kpu-dki/amp