[SALAH] Kades Bawak Cawas Klaten Meninggal Setelah Jatuh dari Kuda Saat Karnaval Kemerdekaan

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, tidak ditemukan sumber valid yang menyatakan Kades Bawak Cawas Klaten meninggal setelah terjatuh dari Kuda saat Karnaval dalam rangka Hari Kemerdekaan RI. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————————–
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

————————————————–
NARASI:
Innaalillaahi wainnaa ilaihi Rooji’uun
Pak Lurah/Kades Bawak Cawas Kab Klaten .. tadi siang pas karnaval naik kuda kegeblak .. akhirnya meninggal dunia
SUMBER: WAG

————————————————–
PENJELASAN:
Beredar kabar di Whatsapp meninggalnya Ponidi, Kades Bawak Cawas Klaten yang terjatuh dari kuda pada momen Karnaval Pembangunan dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia di Klaten, Senin (19/08/2024) lalu.

Penelusuran fakta dilakukan menggunakan kata kunci “Kades Bawak Cawas Klaten” di mesin pencarian Google. Hasil yang ditampilkan oleh Google, dilakukan penyaringan berdasarkan tanggal berita diunggah.

Setelah dilakukan penyaringan, ditemukan sebuah berita dari Media Indonesia yang terbit pada 25 Agustus 2024 berjudul “BPJS Kover Biaya Perawatan Kades yang Terjatuh Saat Karnaval Pembangunan di Klaten”. Berita ini menyebutkan bahwa kondisi Ponidi saat dibesuk oleh Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Klaten mulai membaik dan sudah dapat berkomunikasi dengan lancar.

Selain itu dilansir dari situs detik Jateng, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Anggit Budiarto, menyatakan bahwa Ponidi telah mendapatkan sejumlah pemeriksaan terutama di bagian kepala karena terbentur.
“Mulai dari pemeriksaan fisik, rekam jantung, CT scan kepala, karena ada riwayat benturan tadi sisi yang kepala, dan rontgen dadanya. Semuanya dalam kondisi batas normal,” terang Anggit.

Dengan demikian, informasi mengenai meninggalnya Kades Bawak Cawas Klaten, tidak benar.
————————————————–
REFERENSI:


https://mediaindonesia.com/nusantara/695644/bpjs-kover-biaya-perawatan-kades-yang-terjatuh-saat-karnaval-pembangunan-di-klaten
https://www.detik.com/jateng/berita/d-7498763/pak-kades-jatuh-dari-kuda-saat-karnaval-di-klaten-begini-kondisinya