[SALAH] Video Aksi Solidaritas Masyarakat Spanyol untuk Palestina

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video yang memperlihatkan masyarakat Spanyol berkerumun memadati jalan tersebut merupakan bentuk dari perayaan Festival San Fermin 2024, tidak ada kaitannya dengan politik Palestina-Israel. 

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/IhAmj (arsip)

===========

[NARASI]:

“Ribuan masyarakat Spanyol tunjukkan solidaritasnya Untuk Palestina. Masya Allah, dukungan yang luar biasa!

===========

[PENJELASAN]: 

Disadur dari AFP.

Beredar sebuah video di Tiktok yang menampilkan ribuan masyarakat Spanyol sedang berkerumun memadati jalan sambil berlompat-lompat di tempat, video ini disertai narasi bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk aksi solidaritas masyarakat Spanyol mendukung Palestina.

Namun, dilansir dari AFP.com, rupanya video tersebut diambil dari video yang diunggah di media sosial Threads oleh akun @spainwayoflife pada 8 Juli 2024 lalu. Faktanya video tersebut merupakan upacara pembukaan Festival San Fermin 2024.

Festival San Fermin adalah perayaan tahunan di Spanyol yang berlangsung seminggu penuh pada bulan Juli, dalam festival ini lari banteng merupakan salah satu tradisi utamanya.

Dengan demikian dapat disimpulkan jika video yang beredar di Tiktok tersebut hanya merupakan bagian dari perayaan Festival San Fermin 2024, tidak ada kaitannya dengan politik Palestina-Israel.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.36EG2A8

https://www.threads.net/@spainwayoflife/post/C9IUefPNo5q