[SALAH] Umat Katolik di New York Menggelar Pawai Unjuk Rasa Merespon Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video asli tersebut merupakan momen perayaan Ekaristi oleh umat Katolik di sepanjang jalanan besar di kota New York dan tidak ada keterkaitannya dengan Olimpiade Paris yang baru terjadi di tahun 2024 ini.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/FAEEV (arsip)

===========

[NARASI]: Ribuan umat Katolik Pawai di New York sebagai respon pembukaan Olimpiade

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar video di Facebook yang mengklaim jika umat Katolik di New York menggelar aksi protes terhadap acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang dinilai telah melecehkan peristiwa Perjamuan Malam Terakhir.

Akan tetapi ternyata klaim tersebut tidak benar, melalui pencarian gambar di Yandex.com ditemukan fakta jika video tersebut identik dengan yang diunggah oleh akun Instagram @thenapainstitue  pada 12 Oktober 2023 yang lalu.

Dalam unggahan Instagram tersebut mereka mengunggah video serupa dengan caption “5,000 witnesses to the true presence of Jesus in the Holy Eucharist in the streets of New York City during rush hour 🙏🏼🤍. Powerful!” atau yang jika diterjemahkan artinya adalah “5.000 saksi kehadiran Yesus yang sebenarnya dalam Ekaristi Kudus di jalan-jalan Kota New York selama jam sibuk”.

Melalui temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika video yang beredar di Facebook tersebut adalah video lama yang tidak ada kaitannya dengan Olimpiade Paris 2024, faktanya pawai yang dilakukan umat Katolik di New York tersebut merupakan bagian dari perayaan Ekaristi pada tahun 2023 lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/p/CyRQiozv8_3