[SALAH] Presiden Jokowi Ditangkap oleh Massa

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video tersebut hanya membahas tentang spanduk-spanduk bertuliskan “Raja Jawa” yang dibentangkan di beberapa tempat di Kota Medan.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/yfb1uv7b3Ts (arsip)

===========

[NARASI]:

JOKOWI DI TANGKAP MASSA NASIB TRAGIS SANG RAJA JAWA

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang memberikan klaim pada judul jika Presiden Jokowi ditangkap oleh massa yang berdemo terkait isu RUU Pilkada yang dimulai dari 22 Agustus 2024 kemarin.

Video diawali dengan menampilkan cuplikan-cuplikan aksi demo yang terjadi di berbagai tempat, kemudian saat disimak lebih lanjut narator membacakan ulang sebuah berita terbitan Detik yang berjudul “Spanduk Lawan Raja Jawa Muncul di Medan”.

Dalam artikel tersebut membahas tentang munculnya spanduk-spanduk bertuliskan “Raja Jawa” yang dibentangkan di beberapa lokasi di Kota Medan, tetapi beberapa spanduk ini diketahui sudah dicabut dan tak terpasang lagi. Dilansir dari Detik, Kepala Satpol PP Kota Medan Rakhmat Adi Syahputra Harahap mengakui tidak tahu menahu terkait pencabutan spanduk tersebut.

Selebihnya tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai Presiden Jokowi yang telah ditangkap oleh massa yang berdemo terkait isu RUU Pilkada kemarin.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.detik.com/sumut/berita/d-7504743/spanduk-lawan-raja-jawa-muncul-di-medan