[SALAH] Presiden Jokowi akan Pecat Polisi yang Lindungi Aep dalam Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

Hasil periksa fakta Ainayya.

Faktanya, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai klaim tersebut. Selain itu, cuplikan video Presiden Jokowi yang ditampilkan pada awal unggahan merupakan video pidato kenegaraan perdananya sebagai Presiden RI periode 2019-2024.

=======

[KATEGORI]: Konten Palsu

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/0bnnLUluQGs (YouTube)

=======

[NARASI]: “Polisi Yang Menjadi Backingan Aep Dipecat secara tak Hormat Oleh Jokowi”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube ALEXA ARTIS pada 5 Juni 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo akan memecat polisi yang melindungi Aep dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon. Aep sendiri diketahui merupakan sosok yang mengaku sebagai saksi kunci pembunuhan Vina.

Berdasarkan hasil penelusuran menggunakan Google Lens, cuplikan video Presiden Jokowi yang ditampilkan pada awal unggahan merupakan video pidato kenegaraan perdananya sebagai Presiden RI periode 2019-2024.

Sumber: YouTube METRO TV

Dalam video asli tersebut, Jokowi meminta seluruh birokrat untuk serius menjamin tercapainya tujuan program pembangunan. Jokowi juga mengancam akan memecat para pejabat yang tidak serius menjalankan tugas tersebut.

Selain itu, hingga saat ini tidak ditemukan bukti kredibel mengenai ancaman Presiden Jokowi kepada polisi yang melindungi Aep seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube ALEXA ARTIS merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/02/084000382/-hoaks-jokowi-akan-pecat-polisi-di-cirebon-jika-kasus-vina-tidak
https://www.kompas.com/tren/read/2024/07/10/183000265/sosok-aep-saksi-kunci-pembunuhan-vina-cirebon-yang-dilaporkan-ke-bareskrim?page=all