[SALAH] Pisang Dempet Sebabkan Anak Lahir dengan Kondisi Kembar Siam

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya kembar siam terjadi karena faktor kegagalan pemisahan dari embrio setelah sel telur dibuahi sel spermatozoa, tidak ada kaitannya dengan memakan pisang dempet.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4dIZKiN

Arsip video: https://bit.ly/4dukla7

= = =

Narasi:

“Hati-hati jangan makan pisang seperti ini. Boleh percaya boleh tidak ini menurut orangtua kita dulu, ini adalah pisang dempet pasti semua tahu dan ini bukanlah hal yang baru tapi siapa sangka, ternyata memakan pisang dempet itu dilarang khususnya untuk calon ibu atau wanita yang sedang hamil konon jika calon ibu atau wanita sedang hamil memakan pisang dempet seperti ini maka anaknya akan lahir dengan kondisi kembar siam.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Tempo.co.

Beredar sebuah informasi di Facebook yang menyebut bahwa calon ibu atau wanita yang sedang hamil tidak diperbolehkan memakan pisang dempet karena dapat menyebabkan bayi akan terlahir menjadi kembar siam, kondisi di mana bayi kembar terlahir dengan fisik yang terhubung.

Namun klaim tersebut dibantah oleh ahli kandungan dr. Mochammad Hud Suhargono, SpOG. Melalui Tempo.co, tidak ada hubungannya antara mengonsumsi pisang dempet bagi ibu hamil dan bayi terlahir kembar siam. Ia menjelaskan bahwa kembar siam terjadi karena gagal terpisahnya embrio setelah sel telur dibuahi sel spermatozoa.

Menurut dr. Suhargono, pisang dempet masih aman dikonsumsi bagi ibu hamil, hanya saja ibu hamil disarankan untuk memeriksa kondisi kandungannya secara rutin sejak awal kehamilan agar kondisi kesehatan ibu dan janinnya tetap terjaga.

Dengan demikian, pisang dempet dapat menyebabkan anak lahir kembar siam adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3072/keliru-klaim-video-makan-pisang-dempet-bisa-lahirkan-bayi-kembar-siam

= = =