[SALAH] Penggerebekan Pembuatan Tepung Dicampur Bubuk Narkoba Supaya Makanan Lebih Renyah dan Enak

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut merupakan penggerebekan Clandestine Laboratory pembuatan bahan Pinaca yang merupakan senyawa kimia buatan salah satu turunan dari cannabinoid atau ganja sintetis. Penggerebekan tersebut dilakukan oleh Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pada 28 April 2024.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3yKdpXq

Arsip video: https://bit.ly/4fR5rww

= = =

Narasi:

“*Ngeri PRODUKSI* Dan PENYEBARAN-Nya ADA DI BOGOR,, Kemarin Di Gunung Putri,, Di Cibinong,, Cisarua Lalu Di Cigombong,, Sekarang Di Sentul,, Untuk Ibu-Ibu Dan Orang-tua,, Waspada Dan Hati-Hati Untuk Yang Suka Beli Ayam geprek / Gorengan,, Mau-Pun Tepung Buat Goreng Makanan,, Sekarang Ada MODUS BARU,, Gorengan-Nya Di Campur Bubuk Narkoba Biar Lebih Crispy Dan Enak,, Hingga Nanti-Nya Ketagihan Setelah Ketagihan Disitulah Akan Ada Gejala Seperti Demam Dan Menggigil Yang Sangat Dahsyat,, Jika Tidak Di Belikan Gorengan Yang Biasa Dikonsumsi,, Maka Lebih Menderita Seperti Orang Pesakitan,, Epilepsi/Ayan Dan Bahkan Lebih FATAL !!! Pelaku-Nya Sudah Di Tangkap Di Daerah Sentul-Bogor. *Hati2..!, Tolong Bantu* *VIRALKAN !!*”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video dari akun Facebook Meta Yulia pada 23 Juli 2024 yang diklaim merupakan video penggerebekan pembuatan tepung yang dicampur dengan narkoba agar makanan yang dihasilkan dari olahan tepung tersebut seperti ayam geprek atau gorengan akan lebih renyah dan enak. Disebutkan juga bahwa penggerebekan tersebut terjadi di Sentul, Bogor.

Namun setelah ditelusuri klaim yang dikaitkan dengan penggerebekan tersebut menyesatkan. Pemeriksa Fakta Mafindo pada Mei lalu sudah pernah membantah klaim serupa, dalam laporannya disebutkan bahwa video tersebut merupakan penggerebekan Clandestine Laboratory pembuatan bahan Pinaca yang nantinya akan menjadi ganja sintetis oleh Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pada 28 April 2024.

Video tersebut juga identik dengan yang diunggah oleh Instagram @subdit3.narkoba.pmj, terlihat pada awal video tulisan “Pengungkapan Clandestine Laboratory”. Perlu diketahui bahwa Clandestine Laboratory merupakan penyebutan untuk tempat rahasia yang biasa digunakan sebagai tempat pembuatan obat-obatan terlarang. Dalam postingan @subdit3.narkoba.pmj juga tidak menyebut bahwa tepung dicampur narkoba menjadi salah satu yang dibuat dalam Clandestine Laboratory di Sentul tersebut.

Dengan demikian, video penggerebekan tempat pembuatan tepung dicampur narkoba adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.instagram.com/p/C6VvyzqvESQ

https://news.detik.com/berita/d-7322261/transaksi-kripto-di-balik-pabrik-sinte-pinaca-di-sentul-diungkap-polisi

= = =