[SALAH] Isu Gempa Megathrust untuk Menakut-takuti Masyarakat Agar Pindah ke IKN, Wilayah yang Tidak Ada Gempa

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya pembahasan mengenai gempa di zona Megathrust Selat Sunda sudah lama dilakukan oleh BMKG sebelum terjadinya tsunami Aceh pada 2004. Selain itu, wilayah lokasi IKN berada bukan wilayah yang tidak ada gempa. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Thread

https://archive.ph/7SfPh

= = =

Narasi:

“Pulau jawa sedang di isu²kan gempa dahsyat berbarengan dengan pindahnya ibu kota ke Kalimantan. (IKN)

Kalo saya malah curiga, warga selatan di takut²in supaya pada pindah dan membeli aset di kalimantan yang katanya disana gak ada gempa.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Tempo.co.

Beredar sebuah informasi yang menyebut bahwa isu gempa dahsyat Megathrust yang akan menghantam Pulau Jawa dijadikan bahan untuk menakut-takuti masyarakat agar pindah ke IKN yang wilayahnya tidak ada gempa.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut tidak benar. Perlu diketahui, Megathrust sendiri merupakan sebutan untuk zona penunjaman atau tempat pertemuan interaksi antar dua lempengan dengan kedalaman sekitar kurang dari 50 km. Interaksi antar dua lempengan kurang dari 50 km ini berpotensi menimbulkan gempa besar lebih dari delapan magnitudo sehingga dapat berpotensi tsunami.

Pembahasan terkait Megathrust ini sudah ada sejak sebelum terjadinya gempa Aceh 2004. BMKG menjelaskan informasi mengenai potensi gempa yang dihasilkan dari Megathrust ini bukan sebuah prediksi atau peringatan dini. BMKG meminta agar masyarakat tidak memaknai informasi potensi gempa ini secara keliru seolah akan terjadi dalam waktu dekat.

Dilansir dari Tempo.co, Kalimantan Timur, wilayah di mana lokasi IKN berada bukanlah daerah yang bebas dari gempa seperti yang disebutkan dalam postingan tersebut. Terdapat tiga sesar atau patahan gempa yang tergolong sangat aktif di Kalimantan Timur, di antaranya Sesar Maratua, Sesar Mangkalihat, dan Sesar Paternoster.

Dengan demikian, isu Megathrust untuk menakut-takuti masyarakat agar pindah ke IKN adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3069/keliru-isu-gempa-megathrust-dahsyat-di-pulau-jawa-agar-warga-pindah-ke-ikn

= = =