[PENIPUAN] Giveaway Uang 10 Juta dengan Menebak Nama Hewan oleh Akun yang Mengatasnamakan Baim Wong

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya akun tersebut merupakan akun tiruan dari Baim Wong karena jika kita cek di Facebook yang sudah terverifikasi centang biru, Baim Wong tidak mengunggah informasi mengenai giveaway seperti itu.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/WR8d0 (arsip)

===========

[NARASI]: ๐—›๐—ฎ๐—น๐—ผ ๐—•๐—ผ๐˜€๐˜€๐—พ๐˜‚๐—ฒ ๐—ฐ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ถ๐—ธ๐˜‚๐˜ ๐—ธ๐˜‚๐—ถ๐˜€ ๐—œ๐—ป๐—ฑ๐—ผ๐—ป๐—ฒ๐˜€๐—ถ๐—ฎ ๐—š๐—ถ๐˜ƒ๐—ฒ๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐˜† (๐—•๐—ฎ๐—ถ๐—บ ๐—ช๐—ผ๐—ป๐—ด) ๐—ง๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐˜€๐Ÿณ ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐—ต๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—ฎ๐—ต, ๐— ๐—ผ๐—ฏ๐—ถ๐—น ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—จ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐Ÿญ๐Ÿฌ๐Ÿฌ๐—ท๐˜ ๐—ฆ๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—น๐—ถ๐—ธ ๐™ฉ๐™ค๐™ข๐™—๐™ค๐™ก( ๐™๐™ช๐™—๐™ช๐™ฃ๐™œ๐™ž ๐™ ๐™–๐™ข๐™ž )๐™™๐™–๐™ฃ ๐™ฉ๐™š๐™—๐™–๐™  ๐™ ๐™ช๐™ž๐™จ ๐™™๐™ž๐™œ๐™–๐™ข๐™—๐™–๐™ง,

๐˜ผ๐™ฉ๐™–๐™ช ๐™๐™ช๐™—. ๐™’๐˜ผ. 085601829507

๐˜ผ๐™ฉ๐™–๐™ช ๐™ ๐™ก๐™ž๐™  ๐™™๐™ž ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Facebook yang mengatasnamakan Baim Wong membagikan sebuah unggahan mengenai giveaway mobil dan uang 100 juta rupiah bagi orang yang bisa menjawab kuis yang ada dalam gambar. Selain itu unggahan tersebut juga disertai dengan caption berisi nomor WA untuk mengambil hadiah yang dijanjikan.

Namun pada akun Facebook resminya (facebook.com/baimwong) Baim tidak pernah mengunggah konten berisi informasi giveaway seperti yang disebarkan oleh akun tiruan tersebut.

Dengan demikian dapat disimpulkan jika unggahan giveaway tersebut adalah modus penipuan. Sebelumnya turnbackhoax.id juga sudah beberapa kali mengunggah artikel mengenai klaim giveaway serupa yang mencatut nama Baim Wong.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.facebook.com/baimwong